Polisi Spanyol tangkap sembilan separatis Katalan

id Kepolisian Spanyol,Separatis Katalan

Polisi Spanyol tangkap sembilan separatis Katalan

Kepala Pemerintahan Katalan Quim Torra ikut serta dalam rapat umum organisasi separatis Katalan untuk berdemonstrasi menentang pengadilan para pemimpin Catalan dan menyerukan hak penentuan nasib sendiri di Barcelona, ​​Spanyol, (16/2/2019). ANTARA/REUTERS/Juan Medina/aa. (REUTERS/JUAN MEDINA)

Madrid (ANTARA) - Sembilan separatis Katalan ditangkap di kawasan timur laut Spanyol, Catalonia, pada Senin pagi lantaran merencanakan aksi kekerasan, menurut Kepolisian Spanyol.

"Penangkapan tersebut berdasarkan perintah Pengadilan Tinggi Spanyol," kata juru bicara Guardia Civil tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Surat kabar La Vanguardia melansir bahwa sembilan orang ditangkap selama penyergapan oleh pihak kepolisian, yang dimulai sejak pukul 05,00 waktu setempat di berbagai kota di Catalonia, termasuk Sabadell dan Parets del Valles.

Kesembilan orang itu merupakan separatis, sebut La Vanguardia, yang mengutip sumber rahasia kepolisian. Sejumlah dokumen dan perangkat komputer disita, tambahnya.

Gerakan yang menyeru pemisahan Catalonia dari Spanyol menjadi tantangan besar bagi negara itu dalam beberapa tahun sekaligus memicu krisis politik terberat Spanyol dalam puluhan tahun dengan deklarasi kemerdekaan yang berlangsung singkat pada 2017.

Sumber: Reuters