Kegiatan bersepeda KAI100K ajang promosi potensi wisata Banyumas

id kegiatan KAI100K,promosikan potensi wisata,kereta api indonesia

Kegiatan bersepeda KAI100K ajang promosi potensi wisata Banyumas

Direktur Keuangan PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo saat mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan peserta kegiatan bersepeda yang bertajuk KAI100K di halaman Kantor PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (21/9/2019) pagi. (Foto : ANTARA/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Kegiatan bersepeda yang bertajuk KAI100K menjadi ajang promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Kereta Api Indonesia (Persero) R. Ruli Adi.

"Penyelenggaraan KAI100K ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menjadi lebih dekat dengan para pecinta sepeda, yang mana bagian dari pengguna jasa kereta api," kata saat membuka kegiatan KAI100K di halaman Kantor PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia menambahkan melalui kegiatan bersepeda tersebut, pihaknya ingin memajukan destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah khususnya di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dan sekitarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya di sepanjang jalur yang akan ditempuh, peserta kegiatan bersepeda akan disuguhkan dengan berbagai keindahan alam dan makanan daerah tersebut.

Dalam hal ini, kegiatan bersepeda yang dimulai dan berakhir di halaman Kantor PT KAI Daop5 Purwokerto itu menempuh jarak sejauh 100 kilometer dengan mengambil rute Purwokerto, Stasiun Notog, Banyumas, Pajerukan, Purbalingga, dan kembali ke Purwokerto.

"Saya hanya mengingatkan bahwa kegiatan pagi hari ini bukan balapan sepeda, tapi sepeda santai. Aja padha ngebut-ngebut, mbok benjut (Jangan saling kebut, nanti benjut, red.), kita santai saja, fun saja," jelasnya.

Saat ditemui wartawan sebelum pemberangkatan kegiatan bersepeda, Ruli mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 PT KAI (Persero).

Menurut dia, kegiatan itu merupakan kegiatan yang sedikit langka di BUMN karena rata-rata jarak tempuhnya kurang dari 100 kilometer.

"Ini 100 kilometer kita coba, mudah-mudahan semua selamat, dalam rangka pendekatan PT KAI dengan komunitas sepeda yang ternyata luar biasa peminatnya," tambahnya.

Ia mengemukakan pihaknya sengaja memilih Purwokerto sebagai lokasi kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan promosi wisata di Jawa Tengah khususnya di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Kegiatan bersepeda ini diikuti sekitar 700 peserta yang terdiri atas anggota komunitas sepeda dari berbagai daerah, komunitas sepeda Kementerian BUMN, sejumlah BUMN, dan pegawai PT KAI (Persero).

Selain kegiatan bersepeda, di halaman PT KAI Daop 5 Purwokerto juga terdapat berbagai stan di antaranya stan kuliner, layanan informasi produk dari KAI Group, serta informasi produk LinkAja!

Kegiatan KAI100K juga diisi dengan penyaluran program pertanggungjawaban sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) berupa pemberian 600 paket sembako masing-masing senilai Rp100.000 kepada para tukang becak di Kabupaten Purbalingga.

Pembagian paket sembako gratis yang menjadi bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri itu dilaksanakan di Pendopo Dipokusumo, Kabupaten Purbalingga, oleh para peserta KAI100K kepada para tukang becak.

Program BUMN Hadir untuk Negeri ini akan terus berkelanjutan untuk memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat, mewujudkan peran dan kontribusi nyata BUMN dalam meningkatkan kesejahteraan, serta pemberdayaan kondisi sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Pewarta :
Editor: Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar