Wagub Lampung motivasi siswa untuk peduli terhadap lingkungan

id wagub lampung nunik, penghargaan guru, siswa sma lampung, antaralampung news.com

Wagub Lampung motivasi siswa untuk peduli terhadap lingkungan

Wagub Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) bersama murid-murid SMA di Bandarlampung, Jumat (20/9/2019). ANTARA/HO

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) memotivasi para siswa di daerah itu untuk peduli dengan kelestarian lingkungan hidup.

"Para siswa dan siswi hendaknya mengurangi pemakaian botol minum plastik sekali pakai saat ke sekolah, karena akan berdampak buruk bagi lingkungan hidup. Untuk itu gunakan tumbler agar lebih ramah lingkungan," ujarnya pada pemberian penghargaan guru berprestasi di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan penggunaan tumbler bisa berulang-ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Menurut dia, bentuk tumbler yang bervariasi tentu praktis bila digunakan saat dibawa ke sekolah atau bepergian.

Dalam kesempatan tersebut Nunik juga mengatakan diperlukan cita-cita untuk menambah motivasi siswa dalam belajar, akan tetapi harus disertai dengan usaha dan kerja keras serta doa mewujudkannya.

"Untuk itu kalian harus rajin belajar. Kepada guru juga saya harap tidak mengajar dengan komunikasi satu arah. Komunikasi harus dua arah sehingga siswa lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan," ujarnya.

Nita Safitri, siswi kelas XI, menyampaikan bentuk kekagumannya kepada Wakil Gubernur Lampung itu.

“Saya merupakan salah satu 'followers' (pengikut di dunia maya, red.) Iibu Nunik. Ibu membuat saya yakin bahwa bukan hanya laki-laki yang mampu memimpin suatu daerah tapi dengan kerja keras dan semangat yang tinggi perempuan juga bisa memimpin provinsi ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menyerahkan penghargaan kepada guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi serta berdedikasi pada 2019.

Penghargaan diserahkan kepada Khoiriah (SMPN 23 Bandarlampung), Andasia Malyana (Disdikbud Bandar lampung), Iskandar Muda dan Siti Nurwiyah (SLB Negeri Metro).

Untuk kategori guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional 2019, yaitu Elda Susilowaty (Pengelola LKP) dan Ari Suharto (instruktur tata rias pengantin).

Penghargaan diserahkan ketika audiensi dengan guru, tenaga guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi serta berdedikasi tingkat nasional pada 2019, dan ratusan siswa/siswi SMA, di halaman SMA Negeri 10 Bandarlampung.