Bursa saham Australia alami kenaikan mingguan kelima berturut-turut

id bursa saham australia,indeks asx 200,indeks all ordinaries,bursa saham

Bursa saham Australia alami kenaikan mingguan kelima berturut-turut

Ilustrasi - Pasar Saham, Bursa Efek dengan bendera Australia.ANTARA/Shutterstock/pri (Shutterstock)

Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat, meskipun mengalami pengurangan sepanjang hari setelah dibuka menguat, dan berhasil mencatat kenaikan mingguan kelima berturut-turut.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 13,30 poin atau 0,20 persen menjadi 6.730,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 13,80 poin atau 0,20 persen menjadi 6.839,00 poin.

Hasilnya mewakili kenaikan mingguan kelima berturut-turut untuk indeks Australia dengan sektor energi terangkat lebih dari tiga persen selama lima perdagangan didukung lonjakan harga minyak.

Pada hari terakhir perdagangan untuk minggu ini, para penambang memimpin kenaikan meskipun harga-harga komoditas berada di bawah tekanan, sementara sektor teknologi dan consumer discretionaries juga melonjak.

"Penggerak terbesar ASX 200 adalah Premier Investments (PMV)," kata analis pasar Commsec, James Tao.

"Operator ritel merek-merek seperti Smiggle, Just Jeans dan Peter Alexander mengumumkan rekor penjualan 1,27 miliar dolar Australia, meningkat 7,5 persen untuk tahun lalu, sementara labanya melonjak hampir 28 persen menjadi 106,8 juta dolar Australia."

Saham PMV berakhir 15,7 persen lebih tinggi.

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank tidak berubah, ANZ naik 0,29 persen, National Australia Bank naik 1,60 persen dan Westpac Bank naik 0,30 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan BHP naik 0,19 persen, Rio Tinto turun 0,65 persen, Fortescue Metal turun 1,33 persen dan penambang emas Newcrest naik 2,30 persen.

Saham produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search naik 0,13 persen, Santos naik 0,78 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,37 persen.

Saham supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles turun 1,27 persen dan Woolworths naik 0,78 persen.

Sementara itu saham raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,28 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas berkurang 1,12 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,22 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.