Iran bakal gelar parade militer pada 22 September

id Parade militer,Iran,Teluk,Parade militer Iran,fasilitas minyak AS

Iran bakal gelar parade militer  pada  22 September

File/Iran memamerkan rudal jarak jauh "Sayyad-3" dalam parade militer negara itu di Teheran pada tahun lalu, (AFP) (AFP/)

Dubai (ANTARA) - Iran bakal menggelar parade militer tahunan pada 22 September di Teluk dengan 200 fregat dan perahu motor cepat, demikian situs Iran Front Page (IFP) pada Rabu, di tengah memanasnya hubungan antara Teheran dan Washington.

Parade tersebut akan memperingati dimulainya perang Iran-Irak pada 1980, kata IFP. Sementara itu, Kantor Berita Fars melaporkan bahwa parade itu akan menjadi manuver gabungan pasukan militer dan pasukan Angkatan Laut Pengawal Revolusi (IRGC).

"Lebih dari 200 kendaraan pasukan angkatan laut militer, penjaga patroli dan pasukan IRGC akan memeriahkan parade tersebut," kata Fars mengutip Laksamana Mojtaba Mohammadi.
Baca juga: Prancis: "Mustahil" Yaman serang pabrik minyak Saudi

Pada 22 September tahun lalu, 12 anggota IRGC ikut tewas bersama 13 orang lainnya saat kelompok bersenjata melepaskan tembakan ke arah pejabat militer yang menyaksikan upacara di Kota selatan Ahvaz, yang menandai dimulainya perang Iran-Irak pada 1980 hingga 1988.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan penambahan sanksi terhadap Iran, Rabu, saat Arab Saudi memperlihatkan sisa-sisa 'drone' dan rudal, yang menurutnya digunakan dalam serangan situs minyak miliknya "yang tak diragukan lagi didukung" oleh Teheran. Iran kembali membantah keterlibatan serangan 14 September.

Baca juga: Saudi tegaskan rudal Iran yang serang fasilitas minyak Saudi
Sumber: Reuters