Daging ayam di Pontianak Rp25.000/kg

id Harga kokoditas makanan, pontianak, harga ayam

Daging ayam di Pontianak Rp25.000/kg

Penjual daging ayam potong di Pasar Teratai Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat. (Foto Slamet Ardiansyah)

Harga Komoditas Makanan Renta (ANTARA) - Harga daging ayam di sejumlah pasar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat berada pada kisaran Rp20.000-Rp25.000/kg.

Seperti terlihat  di Pasar Rakyat di Parit Mayor, Pontianak, Sabtu harga daging ayam Rp23.000 per kilogram.

"Ayam sekarang hanya Rp23.000 saja. Harga sudah rendah atau normal, ujar Rudi,  pedagang di Pasar Rakyat Pontianak.

Harga ayam dijelaskan dia di kategorikan stabil di kisaran Rp20.000 - Rp25.000 per kilogram.

"Jika di luaran kisaran harga tersebut kalau di bawah maka harga ayam anjlok. Namun kalau di atas Rp25.000 per kilogram maka harga dikatakan naik atau tinggi,"  katanya.

Naik dan turunnya harga jelas dia tergantung suplai ke pasar. Kemudian momen tertentu juga mempengaruhi seperti hari besar keagamaan dan lainnya. Pada momen hari besar keagamaan permintaan tinggi. Sehingga mendongkrak kenaikan harga.

"Kalau suplai banyak harga normal. Tapi tidak kalah penting saat momen hari raya tentu harga naik. Kemudian momen lainnya," katanya.

Sementara untuk harga bawang merah saat ini hanya Rp22.000 per kilogram. Hanya saja untuk bawang putih mulai naik dan saat ini harganya Rp28.000 per kilogram.

"Harga bawang sekarang secara umum stabil lah. Tidak ada kenaikan yang signifikan," ujar pedagang bawang.

Harga telur ayam ras saat ini hanya di kisaran Rp1. 300 - Rp1.600 per butir. Kenaikan telur polanya hampir sama dengan kenaikan harga ayam ras potong.

Kemudian untuk harga sayur - mayur saat ini masih normal dan tidak ada gejolak harga. Kemudian untuk harga ikan pun juga demikian.


Pewarta :
Editor: Muklasin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar