Jadon Sancho sumbang dua gol saat Inggris atasi Kosovo 5-3

id jadon sancho,timnas inggris,kualifikasi euro 2020,timnas kosovo

Jadon Sancho sumbang dua gol saat Inggris atasi Kosovo 5-3

Pemain tim nasional Inggris, Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang Kosovo dalam laga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion St. Mary's, Southampton, Inggris, Selasa (10/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Remaja bintang Jadon Sancho menyumbang dua gol saat membantu Inggris mengatasi tamunya Kosovo 5-3 pada laga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion St. Mary's, Southampton, Rabu dini hari.

Kedua gol Sancho ini melengkapi lima gol yang dibukukan Inggris dalam babak pertama, setelah sempat tertinggal lewat gol cepat akibat keteledoran lini belakangnya.

Kendati harus kemasukan dua gol lagi pada babak kedua tanpa bisa membalasnya, Inggris tetap mengantongi tiga poin untuk menjaga catatan sempurna di Grup A.

Baca juga: Ronaldo bikin empat gol antar Portugal lumat Lithuania 5-1

Three Lions bercokol di pucuk klasemen Grup A dengan 12 poin dan membuat posisi Kosovo (8) merosot ke urutan ketiga.



Laga baru berjalan 34 detik ketika gawang tuan rumah dibobol oleh Valon Berisha. Umpan silang Michael Keane di area sendiri mendarat ke kaki Fidan Aliti dan diteruskan kepada Berisha yang berdiri bebas untuk menaklukkan kiper Jordan Pickford.

Keane membayar lunas kesalahannya tujuh menit kemudian kala menyambut bola sepak pojok Ross Barkley dengan sebuah sundulan yang kemudian diselesaikan dengan baik oleh Raheem Sterling dari jarak dekat demi menyamakan kedudukan 1-1.

Inggris berbalik memimpin pada menit ke-19 lewat tembakan keras Harry Kane, ketika sang kapten memanfaatkan umpan tarik dari Sterling.

Keunggulan Inggris bertambah pada menit ke-38 ketika umpan tarik Sancho ke tengah kotak penalti yang berusaha disapu oleh Mergim Vojvoda malah berakhir menjadi gol bunuh diri.

Sancho akhirnya mencetak gol perdananya untuk Inggris pada menit ke-44 setelah menyelesaikan serangan balik dengan menyambut umpan kiriman Sterling.

Bintang Borussia Dortmund itu cuma butuh dua menit untuk mengemas gol keduanya, kala menyontek mudah bola matang dari Sterling di muka gawang. Inggris menutup babak pertama dengan keunggulan 5-1 atas Kosovo.

Inggris mengawali babak kedua dengan percaya diri namun tembakan keras Trent Alexander-Arnold berhasil dimentahkan oleh kiper Arijanet Muric.

Alih-alih menambah keunggulan, gawang Inggris malah kebobolan lagi pada menit ke-49 saat Berisha melepaskan tembakan melengkung untuk mencetak gol keduanya dan memperkecil ketertinggalan 2-5.

Hanya empat menit berselang, Kosovo kembali mencetak gol, kali ini lewat eksekusi penalti Veda Muriqi setelah bek termahal di dunia Harry Maguire menjatuhkannya di dalam area terlarang.

Pada menit ke-63 giliran Inggris yang mendapat tendangan penalti setelah Ross Barkley dilanggar Amir Rrahmani, namun Kane yang menjadi algojo mendapati arah eksekusinya tertebak dan dihalau oleh Muric.

Muric kembali tampil gemilang saat menepis tembakan Sterling dan membenturkannya ke tiang gawang pada menit ke-73.

Sang kiper kembali menggagalkan peluang Inggris yang datang dari tembakan Marcus Rashford pada menit ke-86. Pun demikian, Inggris tetap meninggalkan lapangan dengan kemenangan 5-3 atas Kosovo.

Baca juga: Jerman di puncak Grup C Piala Eropa, Belanda membayangi

Susunan pemain:

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Trent Alexander-Arnold, Michael Keane, Harry Maguire, Ben Chilwell; Jordan Henderson, Declan Rice, Ross Barkley (Mason Mount); Jadon Sancho (Marcus Rashford), Harry Kane, Raheem Sterling
Pelatih: Gareth Southgate

Kosovo (4-2-3-1): Arijanet Muric; Mergim Vojvoda, Amir Rrahmani, Fidan Aliti, Florent Hadergjonaj; Idriz Voca (Anel Raskaj), Besar Halimi, Florent Muslija (Leart Paqarada), Bersant Celina, Valon Berisha (Florent Hasani); Veda Muriqi
Pelatih: Bernard Challandes


Baca juga: Armenia bekuk Bosnia 4-2 dan Mkhitaryan cetak dua gol satu assist
Baca juga: Hasil Grup D, Italia sapu bersih, Liechtenstein raih poin perdana Piala Eropa
Baca juga: Robert Prosinecki, pelatih Bosnia mundur usai dikalahkan Armenia
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar