Pemkot Malang berikan pembekalan SDM pariwisata

id Wisata Kota Malang,SDM Pariwisata Malang

Pemkot Malang berikan pembekalan SDM pariwisata

Ilustrasi - Balai Kota Malang. (ANTARA/Vicki Febrianto)

"Kami memberikan pembekalan untuk wisata, salah satunya terkait budaya kepada para para pemandu wisata," kata Ida

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang memberikan pembekalan pariwisata dalam upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) yang berkecimpung pada sektor wisata Malang Raya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan bahwa pembekalan para pemandu wisata tersebut, perlu dilakukan mengingat mereka merupakan ujung tombak promosi wisata Malang Raya.

"Kami memberikan pembekalan untuk wisata, salah satunya terkait budaya kepada para para pemandu wisata," kata Ida, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Ida mengatakan bahwa salah satu pembekalan yang diberikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang tersebut mencakup pembekalan wisata budaya. Pembekalan itu merupakan program dari Kementerian Pariwisata untuk peningkatan kualitas SDM pariwisata.

Selain itu, lanjut Ida, juga terdapat program serupa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tema pengenalan museum yang ada di Kota Malang. Pembekalan yang dilakukan bukan sebatas menggali potensi wisata Kota Malang, akan tetapi wisata Malang Raya.

"Pemandu wisata itu kita butuhkan, khususnya untuk Malang Raya. Mereka itu adalah ujung tombak promosi wisata," kata Ida.

Wilayah Malang Raya, merupakan salah satu destinasi tujuan wisata favorit khususnya pada saat musim libur panjang. Potensi wisatawan yang datang ke wilayah tersebut, memang tercatat cukup tinggi.

Baik Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, memiliki masing-masing potensi khususnya pada sektor pariwisata. Kota Malang dengan wisata perkotaan, Kabupaten Malang dengan wisata alam, dan Kota Batu dengan wisata alam dan berbagai wisata buatan.

Secara keseluruhan, wilayah Malang raya dikunjungi kurang lebih 10 juta wisatawan per tahunnya, yang masih didominasi wisatawan dalam negeri. Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang tinggi tersebut, merupakan potensi penggerak dan pemerataan perekonomian.

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar