Pemkot Malang berencana menambah pusat informasi pariwisata

id Pusat Informasi Pariwisata,Wisata Kota Malang

Kawasan Kayutangan yang merupakan salah satu destinasi wisata heritage di Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto)

"Untuk Kota Malang, pusat informasi pariwisata idealnya ada dua. Nanti akan kita buka satu lagi," kata Ida.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang menyatakan akan menambah Pusat Informasi Pariwisata yang ada di wilayahnya, untuk meningkatkan pelayanan terhadap para wisatawan yang berkunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru memiliki satu pusat informasi pariwisata yang terletak di Alun-Alun Kota Malang.

"Untuk Kota Malang, pusat informasi pariwisata idealnya ada dua. Nanti akan kita buka satu lagi," kata Ida, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Ida menjelaskan, rencana penambahan pusat informasi pariwisata tersebut akan dilakukan pada usai penggabungan antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Malang.

Rencananya, lanjut Ida, penambahan pusat informasi pariwisata tersebut nantinya akan berlokasi di area Stadion Gajayana Kota Malang. Lokasi tersebut dipilih karena letaknya yang cukup strategis di pusat Kota Malang.

Kota Malang sendiri sesungguhnya telah menetapkan wilayah Kayutangan atau Jalan Basuki Rachmat sebagai Ibu Kota Malang Raya Heritage, atau sebagai pusat wisata sejarah. Namun, untuk pembuatan pusat informasi pariwisata di area tersebut saat ini tidak dimungkinkan.

"Kayutangan tempatnya sudah tidak ada lagi. Akan tetapi, ada satu pusat informasi pariwisata milik swasta di situ," kata Ida.

Menurut Ida, pihaknya juga mendorong para pelaku bisnis wisata yang ada di Kota Malang. Diharapkan, dengan pelaku bisnis tersebut membuka pusat informasi tersebut bisa memudahkan wisatawan dan mendorong perekonomian dari sektor wisata.

"Kami mendorong dari sektor swasta, kami akan memfasilitasi mereka untuk membuka pusat-pusat informasi pariwisata lainnya," ujar Ida.

Kota Malang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Potensi wisata yang dimiliki oleh Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu terbilang cukup tinggi khususnya untuk mendorong perekonomian setempat.

Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar