Sumsel ditetapkan daerah inovasi pelayanan publik

id Wagub

Sumsel ditetapkan daerah inovasi pelayanan publik

Wagub Sumsel Mawardi Yahya meresmikan inovasi Kependudukan, Senin (9/9/2019). ANTARA/HO/Humas Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan Pemerintah Provinsi Sumsel telah ditetapkan sebagai salah satu daerah di Sumatera yang membangun jaringan inovasi pelayanan publik.

"Inovasi pelayanan publik tersebut bekerja sama dengan Kementerian PAN-RB dan Tranformasi-GIZ," kata dia saat peresmian Iinovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Palembang, Senin.

Pemprov Sumsel juga meresmikan Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menjelaskan  bahwa program tersebut untuk menciptakan sistem baru dalam menumbuhkembangkan inovasi pelayanan publik di Indonesia.

"Tujuannya sangat baik, membuat data terintegrasi, berinisiatif melakukan inovasi daerah mempunyai salah satu inovasi yang akan menjadi kebanggaan. Jadi tujuannya cukup baik supaya semua data kepribadian benar-benar valid," ujar dia.

Wagub Yahya juga menyampaikan apresiasi atas peluncuran Inovasi Pelayanan yang disebut Ruang Inovasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Ia mengharapkan inovasi itu membawa kemajuan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Sumsel dan menjadi motivasi bagi perangkat daerah yang lain dalam melakukan pelayanan publik, demi terwujudnya "Sumsel Maju untuk Semua".

Ia mengatakan melalui wujud komitmen tersebut, Pemerintah Provinsi Sumsel sekaligus mengajak kabupaten dan kota untuk memperhatikan masalah pentingnya data kependudukan.

"Inovasi itui diharapkan bahwa Provinsi Sumsel menjadi salah satu pelopor rinducapil istilahnya menjemput bola kepada masyarakat," tambah dia.