74 paguyuban di Bandarlampung meriahkan Tahun Baru Islam

id 74 Paguyuban, Tahun Baru Islam, pawai budaya, Lampung.antaranews.com

74 paguyuban di Bandarlampung meriahkan Tahun Baru Islam

Kendaraan hias yang digunakan warga untuk melakukan pawai budaya memperingati Tahun Baru Islam. (Antaralampung.com/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 74 paguyuban di Kota Bandarlampung memeriahkan kegiatan pawai budaya memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah/2019 Masehi.

"Acara ini bertujuan untuk menyatukan kebudayaan semuanya tanpa memandang suku, agama, dan warna kulit," kata salah satu Ketua Paguyuban Wangsa Sailendra Ki Ageng Raden Indra Fatahillah di Bandarlampung, Munggu.

Pawai budaya yang diadakan setiap tahunnya itu diikuti juga organisasi Laskar Merah Putih Indonesia (LMPI) yang turut bergabung memeriahkan tahun baru Islam.

"Karena tujuannya kita semuanya bersatu dan jangan ada keributan. Kegiatan ini kita mulai sejak tahun 2012," kata dia.

Sebanyak  74 paguyuban salah satunya Paguyuban Wangsa Syailendra bersama masyarakat setempat menggelar acara pawai budaya dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah tahun 2019.

Dalam Tahun Baru Islam itu, ada ratusan kendaraan hias mengikuti parade tersebut, selain itu kendaraan warga dari lima kelurahan juga ikut meramaikan acara tersebut.

Ratusan kendaraan hias itu melakukan konpoi melintasi ruas Jalan Slamet Riyadi, Yos Sudarso, Dr Susilo, Pangeran Diponegoro, Salim Batubara, dan Bumi Waras.