Pelestari ikan mikih di Mukomuko akan mendapatkan dana kompensasi

id pelestarian ikan mikih,ikan mikih mukomuko,konservasi satwa

Ikan mikih hanya hidup di sejumlah sungai di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.(HO)

Mukomuko (ANTARA) - Warga yang mendukung pelestarian ikan mikih dengan memelihara lalu melepaskan ikan mikih kembali ke habitatnya akan mendapatkan dana kompensasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu. 

"Rencananya tahun 2020 ada dana kompensasi untuk masyarakat setempat yang melestarikan ikan mikih," kata Kepala Bidang Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah berencana mengalokasikan dana kompensasi untuk membeli sekitar 4.000 bibit ikan mikih dengan harga satuan Rp3.000 hingga Rp4.000.

Dinas Kelautan dan Perikanan, menurut dia, akan memberikan kompensasi kepada warga yang menangkap ikan mikih berukuran dua sampai tiga centimeter lalu memeliharanya dan melepaskan kembali ikan ke habitatnya setelah panjangnya sekitar empat centimeter.

"Kami memberikan dana kompensasi kepada masyarakat apabila ikan yang dipelihara dalam kondisi hidup dan setelah itu melepasliarkan anak ikan mikih ke habitat," katanya.

Tahun ini, Dinas Kelautan dan Perikanan berencana membentuk kelompok konservasi ikan mikih dengan melibatkan aparat dan warga desa dalam upaya mempertahankan populasi jenis ikan yang hanya ditemui di Kabupaten Mukomuko tersebut.
 

 

Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar