Antisipasi dampak buruk kabut asap, Dinkes Semsel bagikan ribuan masker

id masker

Antisipasi dampak buruk kabut asap, Dinkes Semsel bagikan ribuan masker

Kadinkes Sumsel Lesty Nurainy (ANTARA)

Pihaknya telah membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan seperti di Palembang, kata Lesty
Palembang (ANTARA) - Guna mengantisipasi dampak buruk kabut asap saat musim kemarau sekarang ini dan kebakaran hutan dan lahan Dinas Kesehatan Sumatera Selatan membagikan ribuan masker kepada masyarakat Palembang.

"Pihaknya telah membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan seperti di Palembang", kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nurainy dalam keterangan tertulisnya di Palembang, Jumat.

Apalagi beberapa hari terakhir ini sering terjadi kebakaran hutan dan lahan dan itu bisa menimbulkan kabut asap hingga ke perkotaan.

Memang, berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara yang dihimpun dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel, masih dikategorikan baik dalam arti belum begitu mengganggu kesehatan.

Jadi untuk mengantisipasi dampak buruk bila terjadi kebakaran hutan dan lahan sehingga menggunakan masker.

Ke depan Ia berharap agar masyarakat secara mandiri mampu mengatasi permasalahan kesehatan khususnya menghadapi dampak buruk asap yang bisa datang mendadak .

Oleh sebab itu pihaknya minta masyarakat menggunakan masker saat berpergian keluar rumah karena hal tersebut dapat mengurangi paparan partikel kabut asap, ujar dia.

Terpapar di ruang terbuka tanpa masker bila ada kabut asap dalam waktu yang lama bisa menyebabkan Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), ujar dia.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Sumsel dr Trisnawarman menambahkan, pembagian masker ini telah merata terutama di kabupaten dan kota yang terdeteksi berdampak gangguan asap akibat kebakaran hutan dan lahan.  
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar