Pemkab Landak dukung Bukit Angkih jadi ikon wisata desa

id Pariwisata Landak

Pemkab Landak dukung Bukit Angkih jadi ikon wisata desa

Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa. (ANTARA/Istimewa)

"Kita sangat mengapresiasi atas kinerja Desa Pawis yang sudah membuat objek wisata tersebut
Pontianak (ANTARA) - Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyampaikan dukungannya terhadap Pemerintah Desa Pawis atas Bukit Angkih di Kecamatan Jelimpo yang ditata sehingga menjadi ikon wisata desa tersebut.

"Kita sangat mengapresiasi atas kinerja Desa Pawis yang sudah membuat objek wisata tersebut dan tentunya kita juga berharap Bukit Angkih ini dapat menjadi ikon wisata serta dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya guna mendukung pariwisata di Kabupaten Landak," kata Karolin di Ngabang, Selasa.

Dia mengatakan, pihaknya juga akan mendorong setiap desa yang ada untuk menggali potensi yang ada di desanya masing-masing dan mengelola potensi tersebut melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Saya harap, semua kepala desa di Landak bisa melakukan terobosan dan lebih inovatif dalam memanfaatkan semua potensi yang ada di desanya masing-masing," ujarnya pula.

Terpisah, Kepala Desa Pawis, Laong menyampaikan bahwa awal mula pembangunan objek wisata tersebut karena melihat antusias warga pasar Ngabang yang rutin mengunjungi desanya.

"Semua ini berawal dari kunjungan masyarakat dari pasar Ngabang yang cukup ramai datang ke Desa Pawis, karena air di tempat ini sangat bagus, jernih dan dingin kemudian mereka mandi dan lama-kelamaan kunjungan itu semakin meningkat sehingga kita mulai membangun kawasan tersebut pada awal tahun 2019," kata Laong.

Mengingat objek wisata tersebut akan memakai anggaran yang besar serta letaknya yang berada di atas bukit, Pemerintah Desa Pawis menggandeng pihak ketiga dari kabupaten.

"Luas Objek Wisata sekitar 10 hektare dengan jarak 45 menit atau 22 kilometer dari Ngabang. Dengan jarak tempuh yang singkat, hasil pertanian yang banyak dan kebetulan disekiling Bukit Angkih ini terdapat banyak buah terutama pohon durian," tuturnya.

Dia berharap semua itu memberikan efek positif bagi masyarakat disini.

"Saat ini kita akan membangun beberapa fasilitas umum lainnya bagi pengunjung, sedangkan bagi masyarakat kita akan bangun lapak untuk berjualan seperti durian dan buah-buahan lainnya," katanya.