Dessy dukung pelestarian budaya Lampung sejak dini

id budaya lampung, kesenian lampung, pelestarian lampung, pelestarian, kesenian, budaya, emir

Dessy dukung pelestarian budaya Lampung sejak dini

Pakaian adat budaya Lampung (Foto : Antaralampung/Emir F Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) -
Ketua Dekranasda Waykanan, Lampung Dessy Afryanti Adipati (Foto : Antaralampung/Emir F Saputra)
Ketua Dekranasda Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung Dessy Afrianty Adipati, memberikan apresiasi kepada ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang telah ikut berperan serta menjaga kelestarian  budaya Lampung. 

“Saya sangat apresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini, kita bisa memperkenalkan pakaian adat lampung. Walaupun paham tentang budaya Lampung, tetapi masih banyak yang belum paham tentang macam-macam pakaian adat Lampung,” ujar ketua Dekranasda Waykanan Dessy Afrianty Adipati, di Bandarlampung, Selasa

Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota untuk bisa mempromosikan keindahan budaya Lampung dan kesenian yang ada. 

Selain itu, sebagai salah satu daerah dengan banyak berbagai suku bangsa, terus bertahan dan berupaya menjaga kelestarian yang ada. 

“Kita semua menjaga kelestarian ini, apalagi pakaian adat lampung telah menjadi juara  di acara festival pakaian adat di istana negara. Dengan adanya hal itu kita sudah harus memperkenalkan pakaian adat Lampung dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional dan Internasional,” kata Dessy. 

Ia menjelaskan, selain dengan setiap kegiatan harus ada peraga busana pakaian adat Lampung, karena dari situ masyarakat bisa mengenal bentuk dan jenis pakaian adat Lampung. 

“Saya pribadi akan memulai kegiatan dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat kecamatan. Bisa memperkenalkan baju adat budaya Lampung. Agar tidak tertinggal dengan perkembangan jaman,” ungkapnya