Lampung Timur kini sudah punya pengobatan gratis

id Zaiful Bukhori, lamtim

Lampung Timur kini sudah punya pengobatan gratis

Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhori/foto Antaralampung/Muklasin

Lampung Timur (ANTARA) - Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhori mengatakan program pengobatan gratis sudah bisa dinikmati seluruh warga Lampung Timur terhitung 1 September 2019.

"Terhitung 1 September kemarin, program pengobatan gratis sudah dilaksanakan di puskesmas dan rumah sakit di Lampung Timur, apa yang selama ini saya sampaikan sudah dijalankan hari ini," kata Zaiful Bukhori kepada wartawan di Desa Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Senin (2/9) sore.

Zaiful menerangkan, warganya yang tidak punya kartu BPJS Kesehatan, tinggal menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga maka akan mendapat pelayanan pengobatan gratis di faskes tingkat pertama / puskesmas dan faskes lanjutan / rumah sakit.

"Tinggal menunjukkan KTP dan KK saja di puskesmas dan rumah sakit," ujarnya.

Selain pengobatan gratis yang sudah bisa dipakai masyarakat, kendaraan ambulans di tiap kecamatan yang disediakan pemerintah daerah juga sudah bisa digunakan gratis

"Termasuk ambulans gratis  di tiap  kecamatan," tambahnya.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan, Zaiful Bukhori  menyatakan akan meluncurkan program pro rakyat buat warganya, yakni pengobatan gratis dan ambulans gratis.

Bagi warga yang tidak punya kartu BPJS Kesehatan, baik BPJS mandiri maupun BPJS subsidi pemerintah akan diberi pelayanan pengobatan gratis di puskesmas maupun di rumah sakit.

Pengobatan gratis itu berlaku hanya di Puskesmas dan rumah sakit yang terdapat di Lampung Timur.

Syaratnya dengan menunjukkan KTP dan KK.

Selain itu, Zaiful  juga memprogram seluruh anak di daerahnya yang usianya 0-17 tahun akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) yang dibuatkan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Adanya KIA memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan dan lainnya.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar