Rangkuman panjang transfer Neymar musim panas ini

id Neymar,rangkuman,transfer pemain,PSG,Barcelona,Paris Saint-Germain

Barcelona menyerah dalam upaya mereka memulangkan Neymar dari Paris Saint-Germain. (skysports.com)

Jakarta (ANTARA) - Neymar dilaporkan menyerah dari upayanya untuk kembali ke klub Spanyol Barcelona. Penyerang asal Brasil itu diklaim akhirnya memilih bertahan saja di Paris Saint-Germain (PSG).

Drama transfer Neymar hampir memenuhi seluruh media olahraga musim panas ini. Pemain 27 tahun itu diketahui sudah tak betah lagi di Paris dan ingin pulang ke Barcelona, yang ia tinggalkan pada 2017.

Barcelona pun sedianya juga tertarik memulangkannya dan mereka berupaya mewujudkannya dengan melakukan sejumlah negosiasi dengan PSG. Beberapa kali pertemuan dilakukan Barcelona dan PSG untuk mendatangkan Neymar. Namun, tidak ada titik temu terkait transfer tersebut.

Terakhir, Neymar dikabarkan rela menambah 20 juta euro (sekitar Rp312 miliar) dari kantong pribadinya demi bereuni dengan Messi cs. Namun, hingga sehari sebelum bursa transfer ditutup pada 2 September 2019, kesepakatan belum juga tercapai.

Laporan dari media Prancis L'Equipe, seperti dilansir Marca, menyebut Neymar akhirnya menyerah sudah berbicara kepada keluarganya bahwa ia bakal bertahan di Paris.

Keinginan Neymar itu kabarnya juga sudah disampaikan ke Barcelona dan PSG dan saga transfer Neymar pun tampaknya berakhir dengan sang pemain batal pindah.

Berikut adalah rangkuman saga panjang tranfer Neymar sepanjang musim panas ini:

4 Maret 2019
Neymar mengakui ia tergoda oleh laporan yang mengaitkan dirinya dengan kepindahan ke Real Madrid, mengakui 'siapa saja akan merasa tertarik' bermain untuk raksasa Spanyol itu.

"Siapa pun pemainnya, mereka tergiur memperkuat Real Madrid. Demi Tuhan, saya tidak bicara mengenai kepindahan ke Madrid. Tenang saja."

"Saya merasa senang berada di Paris, dan saya sangat gembira berada di sini. Tetapi soal masa depan, tidak ada orang yang tahu soal itu," kata Neymar.

12 Maret 2019
Presiden Real Madrid Florentino Perez kembali tertarik untuk mendatangkan Neymar agar kembali bermain di La Liga Spanyol.

26 Maret 2019
Ayah sekaligus agen Neymar berupaya mengakhiri spekulasi yang sedang berkembang dengan mengungkapkan bahwa putranya saat ini sedang berdiskusi dengan PSG untuk memperpanjang masa tinggalnya di klub.

"Ada banyak spekulasi tentang namanya sejak ia berusia 17 tahun, sejak ia melakukan debut profesionalnya," kata Neymar Sr.

24 Mei 2019
Bek PSG Dani Alves yang merupakan sahabat bintang Brazil, Neymar menyatakan bahwa sahabatnya frustasi karena tidak mencapai target hidupnya sendiri dalam sepak bola ketika bergabung dengan PSG pada 2017.

"Ia dalam masa transisi karena tidak mendapatkan hasil yang ia inginkan," kata Alves. "Neymar terobsesi oleh hasil dan selalu ingin di puncak. Oleh karena itu, jika ia tidak di puncak, ia jelas tidak bahagia.”

11 Juni 2019
Neymar dikabarkan ingin memperkuat Barcelona lagi, lantaran pemain asal Brasil itu disebut-sebut frustrasi karena gagal membawa PSG meraih gelar Liga Champions. Selama dua musim memperkuat PSG, Neymar meraih dua kali gelar Liga Prancis dan ia juga tampak tidak termotivasi lagi berada dan bermain di Paris.

Keadaannya di Paris diperparah saat ia dilarang memperkuat PSG dalam tiga laga setelah ia kedapatan memukul salah seorang supporter saat final Piala Prancis musim lalu.

17 Juni 2019
PSG mengaku siap melepas pemain termahalnya, Neymar, bila ada tawaran besar dan cocok dari klub lain. Klub Prancis itu mengaku mulai menyerah dalam mempertahankan Neymar, ditambah lagi ia mulai kehilangan semangat untuk bermain di Prancis serta sering terlibat kasus di luar lapangan.

Neymar sedang terlibat kasus dugaan pemerkosaan terhadap model berusia 26 tahun Najila Trindade Mendes de Souza pada 15 Mei silam.

19 Juni 2019
Real Madrid dikabarkan akan menumbalkan gelandang asal Brasil Casemiro untuk memuluskan ambisi Los Galacticos untuk mendatangkan Neymar. Sedangkan, Barcelona berencana menjual Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele untuk memboyong mantan pemainnya itu, berdasarkan laporan Marca.

21 Juni 2019
PSG dikabarkan bertekad untuk mempertahankan Neymar dan mengatakan kepada Barcelona bahwa ia tidak akan dijual dengan harga berapa pun.

Pemilik klub PSG asal Qatar mengatakan bahwa dirinya tidak membutuhkan uang dan mereka akan kesulitan untuk mengganti nilai komersial dari salah satu pesepak bola paling terkenal di dunia.

25 Juni 2019
Neymar siap untuk memangkas gajinya sebesar 12 juta euro (sekitar Rp193 miliar) untuk meninggalkan PSG sebagai bagian dari "kesepakatan verbal" antara dirinya dengan Barcelona, menurut laporan dalam pers Spanyol yang dikutip AFP.

09 Juli 2019
Tidak diizinkan hengkang dari PSG, Neymar mulai berulah dengan bolos latihan pertama klub di musim baru. Tindakan tersebut membuat klub Prancis itu berang dan memberikan hukuman

"Pada Senin, 8 Juli, Neymar seharusnya kembali menjalani aktivitas pra-musim dengan skuat senior Paris Saint-Germain," demikian umum klub di laman resminya.

"Paris Saint-Germain mendapati Neymar tidak hadir di waktu dan tempat yang telah disepakati. Ini dilakukan tanpa izin dari klub. Klub menyayangkan situasi tersebut dan oleh karena itu akan melakukan tindakan yang sesuai.”

14 Juli 2019
Neymar kembali melakukan tindakan yang kemungkinan dapat memperkeruh situasinya dengan PSG. Pemain berusia 27 tahun tersebut mengatakan bahwa ia telah pulih "hampir 100 persen" dari cedera pergelangan kaki yang membuatnya absen memperkuat Brasil di Copa America.

Ia juga memanaskan rumor tentang kemungkinan kembali ke Camp Nou saat mengunggah Insta-story yang menunjukkan gambar dirinya berseragam Barcelona.

15 Juli 2019
Sehari berikutnya, Neymar semakin berani melontarkan komentar pedas yang kemungkinan dapat menyulut amarah PSG setelah mengakui momen terbaiknya dalam sepak bola terjadi saat Barcelona menggilas timnya saat ini 6-1 pada 2017. Komentar tersebut semakin memanaskan spekulasi bahwa Neymar memang sudah benar-benar tidak betah di PSG dan ingin kembali ke Blaugrana.

"Momen terbaik di ruang ganti? Ah... saya tidak tahu... Sepertinya ketika kita menang melawan PSG dengan Barcelona, itu benar-benar gila," kata Neymar dalam wawancara kepada Oh My Goal yang dikutip Sky Sports pada Minggu (14/7).

"Saya yakin itu adalah perasaan terbaik bagi kita semua. Apa yang kami rasakan ketika kami mencetak gol keenam, saya tidak pernah merasakan sesuatu seperti ini. Sungguh luar biasa."

16 Juli 2019
Neymar kembali berlatih bersama PSG sepekan lebih lambat dari rekan-rekan satu timnya dan beberapa hari setelah melontarkan kalimat kontroversial yang menyebut memori terindahnya dalam sepak bola adalah saat PSG dikalahkan Barcelona yang saat itu masih diperkuatnya.

17 Juli 2019
PSG mengaku belum menerima tawaran apa pun dari Barcelona menyangkut transfer Neymar, demikian menurut beberapa sumber kepada ESPN FC.

Media massa Spanyol melaporkan bahwa Barcelona telah mengajukan tawaran resmi untuk mengembalikan bintang Brasil itu ke Camp Nou, pada harga 40 juta, selain akan melepas Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele.

18 Juli 2019
Pelatih PSG mengonfirmasikan dan menegaskan bahwa Neymar ingin tinggalkan klub itu "sebelum Copa America."

"Saya tahu bahwa Neymar ingin hengkang sebelum Copa America," kata Tuchel kepada para wartawan sebagaimana dikutip dari laman Marca.

"Saya senantiasa kecewa bila seorang pemain datang terlambat (latihan), meski kami sekarang bekerja bersama dengan para pemain. Saya tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Ia pemain saya, dan jika ia berada di ruang ganti maka ia pemain saya."

21 Juli 2019
Direktur Olahraga PSG Leonardo menegaskan pihaknya belum menerima tawaran konkrit untuk pemain bintangnya, Neymar, yang belakangan santer dikabarkan ingin pergi dari klub jawara Liga Prancis itu.

"Sejujurnya, belum ada kemajuan soal situasi Neymar. Belum ada tawaran konkrit yang datang. Ia masih pemain PSG," kata Leonardo dilansir harian Le Parisien, Minggu.

24 Juli 2019
Neymar akan mengikuti tur ke China bersama Paris-Saint Germain, kata klub tersebut, Selasa, meskipun masa depan superstar asal Brasil yang bermasalah itu masih belum jelas di tengah meningkatkan tanda-tanda bahwa ia tidak senang berada di klub juara Prancis itu.

29 Juli 2019
Neymar tidak akan tampil pada dua pertandingan terakhir Paris Saint-Germain dalam tur pramusim ke Asia, lapor media massa Prancis seperti dikutip AFP. PSG menghadapi Sydney FC di Suzhou. Pemain termahal di dunia itu absen saat timnya kalah adu penalti melawan Inter Milan di Macao.

30 Juli 2019
PSG dilaporkan secara mengejutkan telah menurunkan harga jual pemain asal Brasil, Neymar hingga 110 juta poundsterling (sekitar Rp1,87 triliun). Awalnya klub Prancis itu menuntut 275 juta poundsterling (sekitar Rp4,68 triliun) untuk Neymar, tetapi mulai melunak dan bersedia menerima 165 juta poundsterling (sekitar Rp2,81 triliun) dari Barcelona.

13 Agustus 2019
Para petinggi Barcelona berangkat ke Prancis untuk berbicara dengan Paris Saint-Germain (PSG), sebagaimana dikutip Skysports, Selasa untuk membahas Neymar lebih lanjut.

15 Agustus 2019
Proses transfer Neymar ke Barcelona kembali mendapat ganjalan menyusul kabar batalnya rencana pertemuan presiden Las Blaugranas Josep Bartomeu dengan presiden Paris Saint-Germain, Nasser Al-Khelaifi.

Laporan harian Mundo Deportivo pada Kamis menyebutkam Bartomeu memilih untuk mendampingi Barcelona di laga pembuka La Liga Spanyol 2019/20 di markas Athletic Bilbao di San Mames, Jumat (16/8) setempat.

18 Agustus 2019
Peluang Barcelona mendapatkan kembali Neymar dari Paris Saint-Germain mendadak menipis kembali menyusul kepergian Philippe Coutinho ke Bayern Munchen, tulis media Prancis, L'Equipe.

PSG bersikukuh pada tuntutannya menyangkut Neymar dengan meminta Barcelona membayar tunai paling sedikit 93,1 juta pound ditambah dua pemain dalam format tukar tambah.

21 Agustus 2019
PSG menolak tawaran senilai 190 juta euro (sekitar Rp3 triliun) dari Barcelona agar Neymar kembali ke Nou Camp dalam status pemain pinjaman, kata sejumlah sumber kepada ESPN FC.

Barca menawarkan uang tunai 40 juta euro (Rp632 miliar) dalam format kontrak pinjam dengan kewajiban merekrut Neymar secara permanen musim panas tahun depan pada harga 150 juta euro (Rp2,36 triliun), yang kemudian ditolak oleh klub Prancis tersebut.

24 Agustus 2019
Barcelona akan mengajukan tawaran ketiga untuk mendapatkan kembali Neymar yang nilainya dinaikkan dengan memasukkan Ousmane Dembele demi meyakinkan PSG untuk menjual bintang Brasil itu, kata beberapa sumber kepada ESPN FC.

PSG menolak proposal pertama Barcelona yang di antaranya memasukkan Philippe Coutinho, Ivan Rakitic dan dana tunai 80 juta euro.

Klub Prancis itu kembali menolak tawaran kedua Barcelona yang meminta Neymar sebagai pemain pinjaman untuk musim ini dengan opsi permanen musim depan dalam kontrak total senilai 190 juta euro (sekitar Rp2,96 triliun).

28 Agustus 2019
Petinggi klub PSG dan Barcelona bertemu di Paris pada Selasa waktu setempat untuk membahas kemungkinan kesepakatan transfer Neymar ke juara Spanyol itu. Barca sendiri menawarkan 170 juta euro (sekitar Rp2,68 triliun) yang akan dibayarkan setelah meminjam Neymar selama setahun.

Biaya peminjaman Neymar setidaknya mencapai 35 juta euro (sekitar Rp557 miliar).

31 Agustus 2019
Direktur olahraga PSG, Leonardo mengatakan bahwa "tidak ada kesepakatan" untuk transfer pemain asal Brasil Neymar. BBC Radio 5 Live melaporkan bahwa petinggi PSG dan Barca sudah bertemu pada Selasa (waktu setempat) untuk membahas kemungkinan kesepakatan transfer penyerang berusia 27 tahun itu.

1 September 2019
Barcelona menyerah dalam perburuan mendapatkan kembali pemain depan Paris Saint-Germain Neymar tetapi berjanji untuk memperbarui tawaran musim panas tahun depan, kata sejumlah sumber kepada ESPN FC.

Berpekan-pekan negosiasi dengan PSG, Barca tak berhasil mencapai kesepakatan memulangkan Neymar ke Camp Nou. Namun, sumber-sumber di Barca berkata kepada ESPN FC bahwa mereka tidak akan berhenti memburu Neymar dengan tidak menepis kemungkinan mencoba lagi musim panas tahun depan.
 

Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar