Gol bunuh diri bek Napoli pastikan Juventus kantongi tiga poin

id juventus,napoli,kalidou koulibaly,liga italia

Gol bunuh diri bek Napoli pastikan Juventus kantongi tiga poin

Bek Napoli Kalidou Koulibaly menyesali gol bunuh diri yang dicetaknya dalam laga lanjutan Liga Italia melawan Juventus di Stadion Allianz, Torino, Italia, Sabtu (31/8/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Massimo Pinca)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah gol bunuh diri memastikan Juventus berhasil mengatasi Napoli 4-3 dalam laga pekan kedua Liga Italia di Stadion Allians, Torino, Italia, Minggu dini hari WIB.

Gol itu dicetak oleh bek Napoli Kalidou Koulibaly pada menit kedua masa injury time, membuat Juventus yang sempat membuang keunggulan tiga gol berhasil mengantongi tiga poin penuh, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Hasil tersebut menempatkan Napoli di posisi berbeda dalam skor sama yang mereka alami pada pekan lalu melawan Fiorentina.

Kemenangan itu mengangkat posisi sang juara bertahan ke posisi puncak klasemen sementara dengan koleksi enam poin, sedangkan Napoli (3) turun ke peringkat kedelapan.

Kedua tim tampil agresif sejak sepak mula, namun peluang Cristiano Ronaldo bisa diamankan kiper Alex Meret dan sebaliknya tembakan melengkung Allan dihalau kiper Wojciech Szczesny.

Juventus harus kehilangan Mattia de Sciglio pada menit ke-15 karena cedera akibat jegalan Fhaouzi Ghoulam. Danilo masuk menggantikan De Sciglio dan lewat sentuhan pertamanya ia berhasil membawa tuan rumah unggul kala mengakhiri sebuah serangan balik yang dipimpin Douglas Costa pada menit ke-16.

Si Nyonya Tua hanya butuh tiga menit untuk menggandakan keunggulan kembali lewat serangan yang dipimpin Costa yang meneruskan umpan kepada Gonzalo Higuain, sebelum penyerang Argentina itu mengecoh Koulibaly dan melepaskan tembakan keras ke gawang mantan timnya tersebut.

Pada menit ke-33, Sami Khedira hampir memperbesar lagi keunggulan Juventus pada menit ke-33 kala ia melepaskan tembakan jarak jauh yang sudah menaklukkan Meret, namun ditolak mistar gawang.

Keunggulan Juventus bertahan hingga turun minum dan Carlo Ancelotti berusaha menjawabnya dengan memasukkan Hirving Lozano dan Mario Rui menggantikan Lorenzo Insigne dan Ghoulam untuk menambah daya gedor Napoli.

Napoli memang perlahan bisa mengimbangi permainan Juventus, namun tuan rumah lantas menambah keunggulan menjadi 3-0 lagi-lagi lewat umpan Costa yang kali ini berhasil disambut oleh Ronaldo pada menit ke-62.

Empat menit sesudahnya Kostas Manolas memperkecil ketertinggalan Napoli menjadi 1-3 saat ia menyambut tendangan bebas Rui.

Momentum kebangkitan Napoli berlanjut saat Lozano mencetak gol di penampilan debutnya dengan menyambut umpan tarik Piotr Zielinski.

Juventus hampir segera menjawabnya dengan tembakan jarak jauh Costa yang sayangnya membentur mistar gawang.

Napoli sukses menyamakan kedudukan menjadi 3-3 pada menit ke-81 ketika bek Giovanni Di Lorenzo meneruskan tendangan bebas Jose Callejon menggunakan pahanya untuk mencetak gol ke gawang Juventus.

Kedua tim hampir berbagi satu poin, namun pada menit kedua masa injury time Koulibaly yang berusaha menyapu tendangan bebas Miralem Pjanic malah membuat bola bersarang ke dalam gawang timnya sendiri. Juventus menang 4-3 atas Napoli.

Susunan pemain:

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio (Danilo), Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro; Sami Khedira (Emre Can), Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Douglas Costa, Gonzalo Higuain (Paulo Dybala), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Maurizio Sarri

Napoli (4-4-1-1): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly, Faouzi Ghoulam (Mario Rui); Jose Callejon, Allan (Eljif Elmas), Piotr Zielinski, Lorenzo Insigne (Hirving Lozano), Fabian Ruiz; Dries Mertens
Pelatih: Carlo Ancelotti