Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan edukasi masyarakat sekitar objek wisata

id pariwisata tapsel, berita tapsel

Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan edukasi masyarakat sekitar objek wisata

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu,Kamis (29/8) tadi malam turun langsung melihat Air Terjun Kembar di Sisundung Kecamatan Angkola Barat, wilayah setempat. Dia tertantang bagaimana seluruh potensi destinasi wisata daerah ini bisa dapat maju demi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya secara umum. (Antara Sumut/Kodir)

Motivasi ini penting agar masyarakat setempat dapat dan siap menjadi pelaku majunya objek wisata itu sendiri.
Sipirok (ANTARA) - Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan mulai melakukan berbagai langkah demi memajukan objek wisata di wilayah kerjanya, diantaranya melakukan sosialisasi khusus ke masyarakat lingkungan objek wisata itu sendiri.

"Motivasi ini penting agar masyarakat setempat dapat dan siap menjadi pelaku majunya objek wisata itu sendiri," kata Kadis Pariwisata Tapanuli Selatan Abdul Saftar Harahap, di Sipirok, Jumat, (30/8).

Untuk itu baru-baru ini ada 50 orang masyarakat dari berbagai kecamatan yang telah dia undang membahas agar bagaimana potensi wisata Tapanuli Selatan dapat digali maksimal menjadi sumber penghidupan warga.

"Sesuai tema "tingkatkan aksi safta pesona dengan gerakan sadar wisata", kita menjajak warga agar mulai dapat merubah pola pikir demi sebuah perubahan besar ke depan," katanya.

Seperti kesiapan menerima objek wisata daerahnya untuk lebih dijaga dan dirawat. Kemudian mengangap pendatang (wisatawan) baik lokal maupun mancanegara sebagai tamu di rumahnya sendiri. Sehingga merasa aman dan nyaman.

"Dengan keramahtamahan serta pelayanan baik saya yakin wisatawan akan semakin cinta dan bahkan semakin sering berkunjung kembali ke daerah itu," sebutnya.

Saftar, yang baru satu bulan setelah dilantik menjabat Kadis Pariwisata ini menyatakan ramainya pengunjung yang datang pada satu objek wisata akan dapat membuka peluang bisnis masyarakat sekitar.

"Dengan demikian akan membuka peluang ekonomi baru masyarakat seperti penyediaan kuliner, souvenir, seni budaya dan lainnya yang bisa ditampilkan," ujarnya.

Destinasi wisata yang mulai dikembangkan bahkan namanya sudah mulai tersohor seperti Air Terjun Silima-lima di Kecamatan Marancar, Air Terjun Simatutung Kecamatan Angkola Sangkunur, ada lagi Air Terjun Kembar Kecamatan Angkola Barat.

Bahkan menurut Saftar, Bupati Tapanuli Selatan cukup mendukung serta mensupport langkah agar bagimana potensi wisata di wilayah ini bisa tereksplor agar roda perekonomian warga bergerak meningkat.

"Sebab langkah ini sejalan dengan visi misi Pemkab bagiamana mewujudkan masyarakat Tapanuli Selatan yang sejahtera di samping sehat, dan cerdas," pungkasnya.

Meski demikian, Pemkab Tapanuli Selatan akan terus giat melakukan pembenahan berbagai infrastruktur seperti infrastruktur jalan serta berbagai faailitas pendukung lain agar potensi wisata daerah ini menjadi tujuan wisata.
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar