Dewan Pers menyesalkan perusakan Kantor ANTARA di Jayapura

id Kerusuhan jayapura, lkbn antara, papua, kasus rasisme

Dewan Pers menyesalkan perusakan Kantor ANTARA di Jayapura

Kantor Biro Perum LKBN ANTARA Provinsi Papua di Jayapura turut dirusak pada demo di Jayapura. (ANTARA/Istimewa)

"Saya ikut sedih dan menyesal karena awak media dalam menjalankan tugasnya harus dilindungi," ujar Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pers menyesalkan perusakan Kantor Biro LKBN ANTARA Papua di Jayapura oleh massa pengunjuk rasa dan meminta aparat keamanan membantu jurnalis dalam menjalankan tugas.

"Saya ikut sedih dan menyesal karena awak media dalam menjalankan tugasnya harus dilindungi," ujar Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, selama terjadi demonstrasi yang berakhir kericuhan, tugas aparat kepolisian sudah banyak, tetapi perlindungan terhadap jurnalis disebutnya tidak dapat dikesampingkan.


Dengan adanya awak media di lokasi terjadi kericuhan, kata M Nuh, informasi dan duduk perkara sebenarnya dapat diinformasikan secara luas.

Ia pun mengingatkan Perum LKBN ANTARA untuk memberikan perlindungan terhadap pewartanya yang bertugas di daerah yang sedang terjadi konflik.

"Dalam situasi seperti itu menempatkan jurnalis juga memberikan perlindungan selama menjalankan tugas, termasuk ANTARA," tutur M Nuh.


Perusakan kantor LKBN ANTARA Biro Provinsi Papua yang terletak di Jalan Soasu, kawasan Dok V Bawah, Jayapura, dilakukan massa pengunjuk rasa soal rasisme pada Kamis (29/8).

Kantor LKBN ANTARA Biro Provinsi Papua itu merupakan milik Pemerintah Provinsi Papua, di sebelah kirinya terdapat Kantor Komnas HAM.

Selain ANTARA, terjadi perusakan, bahkan kebakaran, di sejumlah gedung lain di Jayapura, termasuk Gedung Majelis Rakyat Papua (MRP).