Mahasiswa Unila peduli atas pemilihan rektor 2019

id Unila,Lampung,Mahasiswa,Antara Lampung

Mahasiswa Unila peduli atas pemilihan rektor 2019

Sejumlah aliansi mahasiwa Universitas Lampung tengah berdialog bersama kelima calon rektor di pelataran gedung serba Guna Unila, Bandarlampung, Jumat (30/09/2019). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa Universitas Lampung yang tergabung dalam aliansi mahasiswa tengah menyuarakan pendapat dalam acara rapat senat terbuka pemilihan rektor Universitas Lampung 2019 , sebagai bentuk kepedulian mahasiswa akan kemajuan institusi pendidikan negeri kebanggaan Lampung itu di masa mendatang.

"Siang ini sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam beberapa aliansi mahasiswa menyuarakan pendapatnya di depan gedung serba guna Universitas Lampung dalam rangka meminta kesediaan para calon rektor untuk menandatangani beberapa usulan mahasiswa guna perbaikan pembangunan Universitas Lampung di masa selanjutnya", ujar Suci, salah seorang mahasiswa Universitas Lampung, saat ditemui di GSG Unila, Jumat.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa mendapatkan respons positif dari kelima calon rektor Universitas Lampung.

"Mahasiswa yang telah menunggu rapat senat terbuka sejak pagi mendapatkan respons positif dari semua calon rektor Universitas Lampung tahun ini. Mereka mau mendengarkan usulan dari mahasiswa", katanya.

Menurutnya, tidak ada kegiatan anarkis yang ditimbulkan oleh mahasiswa dalam kegiatan ini.

"Semua dilakukan secara damai tidak ada tindakan anarkis ataupun tindakan yang negatif, karena dari kedua belah pihak saling menghormati dan mendengarkan" katanya.

Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Lampung merupakan salah satu bentuk implementasi hak kebebasan memberikan pendapat individu di Indonesia.

"Aksi ini merupakan salah satu bentuk realisasi hak kebebasan bersuara dan berpendapat di Indonesia sesuai dengan undang-undang HAM, karena semua dapat menyuarakan pendapatnya dengan leluasa namun dengan itikad baik", kata Leni salah seorang mahasiswa Universitas Lampung.

Menurutnya, bila kegiatan yang teratur dan adanya komunikasi yang baik antara pihak mahasiswa dan kampus, dapat menjadi salah satu cara untuk memajukan Universitas Lampung di kemudian hari.

"Bila komunikasi antara mahasiswa dan kampus terjadi secara teratur dan baik maka kemajuan Universitas Lampung di masa mendatang akan terealisasi. Karena ada yang mendengar dan memberi kritik untuk saling memperbaiki dan membangun institusi pendidikan tinggi negeri pertama di Lampung ini", katanya.