Joshua Wong aktivis demokrasi Hong Kong ditangkap

id Aktivis demokrasi,Joshua Wong,Hong kong

Joshua Wong aktivis demokrasi Hong Kong ditangkap

Mantan pemimpin mahasiswa Joshua Wong bersama Nathan Law berpose setelah dibebaskan di luar penjara karena perannya dalam "Gerakan Payung", di Hong Kong, China, (17/6/2019). ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/aa

"Ia kini dikawal ke markas polisi di Wan Chai,"
Hong Kong (ANTARA) - Aktivis demokrasi Hong Kong, Joshua Wong, ditangkap pada Jumat menjelang aksi protes lanjutan akhir pekan di kota itu, yang dikuasai China, dan yang  bergulat dengan krisis politik terparahnya sejak diserahkan kepada Beijing lebih dari dua dekade lalu.

Wong, wajah utama demokrasi Hong Kong selama aksi protes 2014 yang melumpuhkan sejumlah bagian di kota  itu selama 79 hari, dibebaskan dari penjara pada Juni setelah menjalani hukuman lima pekan lantaran menghina pengadilan.


"Ia tiba-tiba didorong masuk ke sebuah mobil pribadi di jalan," menurut partai politik Wong, Demosisto, yang mengadvokasi demokrasi yang lebih besar di Hong Kong, di akun Twitter miliknya.

"Ia kini dikawal ke markas polisi di Wan Chai," katanya, menambahkan bahwa pengacaranya sedang mengerjakan kasus itu.


Kepolisian tidak langsung menanggapi untuk dimintai keterangan.

Keresahan di Hong Kong meningkat pada pertengahan Juni terkait RUU ekstradisi yang kini ditunda, yang akan memungkinkan warga Hong Kong diadili di pengadilan yang dikendalikan Partai Komunis di China Daratan.


Sumber: Reuters