Harga cabai di Jatim diprediksi stabil

id cabai di Jatim, harga cabai di Jatim

Harga cabai di Jatim diprediksi stabil

Petani memanen cabai rawit di kawasan lahan pertanian Sumur Welut di Surabaya, Jawa Timur. ANTARA/Zabur Karuru

Surabaya (ANTARA) - Harga cabai di beberapa wilayah Jawa Timur hingga akhir tahun diprediksi stabil, karena beberapa wilayah sentra cabai memasuki panen pada Agustus ini.

"Harga cabai sekarang ini mengalami penurunan, hal ini karena sentra wilayah cabai di Jawa Timur seperti Kabupaten Jember, Kediri, Blitar, Malang, Tulungagung, Probolinggo, Banyuwangi, dan Nganjuk mulai memasuki panen raya," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Hadi Sulistyo di Surabaya, Kamis.

Selain itu, ditambah adanya pasokan cabai dari luar Jawa Timur seperti Bima dan Mataram yang menambah stok cabai, sehingga harga cabai akan mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya.

Oleh karena itu, kata dia, ke depannya khususnya September dan Oktober diperkirakan tetap stabil karena beberapa sentra wilayah cabai di Jawa Timur juga ada yang baru memasuki musim panen, sehingga bisa menjamin stok sampai akhir tahun.

"Dengan terjaminnya stok cabai sampai beberapa bulan ke depan dapat dipastikan harga cabai di pasaran akan stabil," katanya.

Terkait adanya perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, kata dia, diharapkan juga tetap stabil dengan upaya saling bahu membahu antara pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Pemerintah mempunyai peranan utama sebagai fasilitator, legalitas dan kebijakan pengembangan cabai," katanya.

Sedangkan swasta, kata dia, diharapkan dapat membantu mengurangi stok cabai yang berlebihan dengan menjadikan olahan cabai kering yang bisa digunakan sebagai pengganti cabai pada saat stok cabai menurun, dan masyarakat sebagai eksekutor produsen, penjual dan pengguna cabai secara langsung.

Sebelumnya, berdasarkan data di beberapa pasar, cabai rawit yang sebelumnya Rp78.000/kg kini Rp75.000/kg, cabai merah besar keriting saat ini Rp56.000/kg dari sebelumnya Rp62.000/kg, dan cabai merah besar biasa turun dari Rp51.000/kg menjadi Rp42.000/kg.

Untuk harga cabai merah keriting dan cabai merah biasa, kata dia, di sentra cabai wilayah Pare, Kediri juga cenderung terus menurun, dan sesuai data distributor di sentra Kepung Pare dan Plosoklaten, Kediri untuk cabai besar varietas gada saat ini Rp22.000/kg turun Rp4.000/kg yang sebelumnya Rp26.000/kg.

Kemudian cabai merah besar varietas imola Rp24.000/kg atau turun Rp4.000/kg menjadi Rp20.000/kg, cabai merah besar keriting rata-rata masih tetap Rp44.000/kg, sedangkan cabai rawit merah kecil varietas pusaka brengolo Rp67.000/kg, cabai rawit varitas manu prenthul dijual dengan harga Rp64.000/kg serta cabai varietas kencana rata-rata dijual dengan harga Rp64.000/kg.

 
Pewarta :
Editor : Muklasin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar