Guru honorer di Cirebon buka perpustakaan keliling demi masa depan

id Cirebon

Guru honorer di Cirebon buka perpustakaan keliling demi masa depan

Sejumlah warga sedang membaca di perpustakaan keliling yang dinisiasi oleh guru honorer Cirebon. (ANTARA/Ist)

Cirebon (ANTARA) - Guru honorer SMPN 2 Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Warkina (40) membuka perpustakaan keliling bagi warga sekitar demi masa depan dan meningkatkan minat baca.

"Banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari membaca dan ini membuat SDM juga meningkat," kata Warkina di Cirebon, Minggu (25/8)

Warkina mengaku awalnya prihatin dengan minimnya minat baca warga sekitar, padahal dari pengalaman yang dia rasakan membaca sangatlah bermanfaat, terutama bagi para pelajar.

Karena dengan membaca, lanjut Warkina, akan semakin membuka wawasan dan pengetahuan, itu semua bisa menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di lingkungan dia menjadi unggul.

"SDM yang unggul itu bisa dicapai salah satunya dengan membaca," ujarnya.

Kesadaran membaca, kata Warkina, perlu terus dilatih dan didorong, baik itu oleh pemerintah maupun masyarakat, agar generasi penerus bisa semakin lebih maju lagi.

Saat ini perpustakaan keliling yang dirintis dari tahun 2011 itu telah memiliki tiga kendaraan roda tiga dan satu roda empat yang dipinjamkan oleh pemerintah untuk operasionalnya.

"Setiap hari setelah selesai mengajar saya keliling ke SD, agar para siswa bisa membaca," tuturnya.

Warkina menambahkan tidak mudah mengajak warga untuk gemar membaca, bahkan perjuangan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun seiring waktu masyarakat mulai membuka diri dan bisa memanfaatkan perpustakaan keliling serta taman baca yang telah ia buat.

"Alhamdulillah perpustakaan keliling ini membuat saya mendapatkan beragam penghargaan, baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional," katanya.