Pawai bendera merah putih di perbatasan perairan Indonesia dengan Malaysia

id pawai merah putih, perbatasan RI-malaysia, satgas pamtas, yonif 600 MDg

Pawai bendera merah putih di perbatasan perairan Indonesia dengan Malaysia

Pawai bendera merah putih dalam rangkaian memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI oleh pemilik kapal kayu mengitari perbatasan perairan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Minggu (25/8/2019). (ANTARA)

Nunukan (ANTARA) - Meskipun perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI telah berlalu ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara untuk melakukan pawai bendera merah putih.

Seperti yang dilakukan Persatuan Pengusaha Kapal Pedalaman Angkutan Sungai bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif Raider 600/MDG, KSOP dan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Minggu (25/8).

Pawai bendera merah putih menggunakan kapal-kapal kayu mengitari perbatasan perairan Indonesia-Malaysia mulai dari Pelabuhan Tunon Taka Kelurahan Nunukan Timur hingga Sei Bolong Kelurahan Nunukan Utara.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG Mayor Inf Ronald Wahyudi menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pembuktian rasa cinta kepada Negara Indonesia oleh masyarakat setempat.

Awalnya pawai ini digagas oleh Persatuan pengusaha kapal pedalaman berkoordinasi dengan Satgas Pamtas. Bak gayung bersambut, setelah melakukan rapat ditentukanlah konsep acara dan pelibatan instansi terkait lain untuk memeriahkan kegiatan ini.

Sebanyak 30 kapal dan ratusan masyarakat yang ikut memeriahkan kegiatan ini dengan rute dari Pelabuhan Tunon Taka menyusuri perbatasan laut dan sungai sampai ke pelabuhan tradisional Sei Bolong.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dalam bekerja dan lebih mengenalkan perairan Indonesia di perbatasan oleh masyarakat luas demi terwujudnya slogan dan moto HUT Ke-74 RI ini, yaitu "SDM Unggul Indonesia Maju".

Kegiatan pawai ini berlangsung mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 12.00 WITA.

"Lokasi yang jauh dari ibukota dan pusat pemerintahan bukan halangan bagi mereka untuk membuktikan bahwa mereka juga bangga menjadi warga negara Indonesia, HUT Kemerdekaan RI merupakan euforia bersama dan peringatan bagi seluruh penduduk di Indonesia di manapun berada," ujar Ronald.