Pemkot Sibolga membenahi sarana pendukung pariwisata

id pelabuhan sibolga,pariwisata Sibolga

Pemkot Sibolga membenahi sarana pendukung pariwisata

Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk bersama dengan GM PT Pelindo I Sibolga Suhari foto bersama di lantai III terminal penumpang pelabuhan Sibolga, yang lokasinya cukup indah. Diharapkan dengan pengoperasian pelabuhan awal September ini, wisatawan mau bermalam di Sibolga sebelum transit ke Pulau Nias. (Antara Sumut/Jason)

Sibolga (ANTARA) - Pemkot Sibolga akan melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana guna mendukung kepariwisataan di daerah itu dalam upaya mendorong lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kita akan mempersiapkan hal-hal yang menarik agar wisatawan betah bermalam di Sibolga dan tidak sebatas transit," kata Plt Kadis Pariwisata Sibolga, Yahyah Hutabarat di Sibolga, Sabtu.

Lebih rinci Yahyah menyebutkan, pihaknya akan akan menyediakan tempat-tempat duduk di pinggir pantai untuk menikmati indahnya tepi pantai Sibolga di malam hari, dan juga penataan di Bukit Wisata tempat bersejarah di Sibolga.

Demikian juga tempat kuliner akan ditata di Jembatan Serasi Sibolga.

"Mudah-mudahan September ini kita mulai dulu dari objek wisata yang ada di Pelabuhan Lama, yang dilanjutkan tahun 2020 setelah APBD diketok. Kami juga sudah kerja sama dengan PHRI agar wisatawan mau berkunjung ke Sibolga. Sedangkan ke pihak penerbangan mulai tahun depan sudah masuk ke informasi wisata penerbangan mereka," katanya.

Diakuinya, bahwa selama ini tempat-tempat wisata yang ada di Sibolga dibiarkan hanya nama, dan kedepan hal itu tidak terjadi lagi, karena semua objek-objek wisata yang sudah ada itu, akan dimanfaatkan dengan pembenahan dan pembangunan.

"Tanpa adanya pembenahan dan penyediaan tempat wisata, adalah sebuah keniscayaan orang betah transit di Sibolga. Untuk itu kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjual Sibolga sebagai salah satu destinasi wisata di Sumut," katanya.

Sebelumnya GM Pelindo Sibolga Suhari mengatakan, menjelang pengoperasian terminal penumpang pelabuhan Sibolga awal Setpember 2019, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak sekaligus mempromosikan keberadaan pelabuhan Sibolga yang desain bangunannya terbaik se-Asia Tenggara.

Salah satu sasaran promosi yang dilakukan Pelindo adalah ke pengelolah kapal pesiar, agar kapal mereka berkenan bersandar ke Pelabuhan Sibolga yang sudah memiliki standart Internasional, dan juga kepada pengelolah paket wisata.

"Kan, sayang pelabuhan semengah ini jika tidak dimanfaatkan," katanya.

Untuk itulah Pelindo mengharapkan dukungan dari Pemkot Sibolga untuk menyiapkan sarana dan prasarana bagi wisatawan, agar wisatawan tidak sebatas transit di Sibolga menuju Pulau Nias.

"Peluang ini harus secepatnya direspon pemerintah setempat dengan menyiapan fasilitas dan kebutuhan para wisatawan, sehingga mereka mau bermalam di Sibolga dan tidak sebatas transit saja. Kalau wisatawan sudah mau bermalam di Sibolga, tentu sektor ekonomi berputar, karena mereka akan menikmati kuliner, penginapan, tempat wisata dan souvenir. Kami yakin Pemko Sibolga sudah memikirkan hal itu," katanya.