Pemkot Batam ingatkan pariwisata patuhi aturan susila

id kepala dinas pariwisata batam 2019,kepala dinas pariwisata batam, massage batam,spa batam

Pemkot Batam ingatkan pariwisata patuhi aturan susila

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata (Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengingatkan pelaku pariwisata untuk mematuhi aturan susila yang berlaku di tengah masyarakat, dan menjaga ketertiban umum.

"Usaha pariwisata yang dijalankan tidak boleh berlawanan dengan kesusilaan dan ketertiban umum," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, Sabtu.

Pemkot kini memang tengah mengembangkan pariwisata. Semua lini kehidupan di kota itu dijadikan daya tarik wisata pagi pelancong dalam dan luar negeri.

Namun, ia mengingatkan pelaku usaha untuk tetap menjunjung tinggi Budaya Melayu, adat istiadat, serta norma yang dianut masyarakat setempat. Termasuk untuk pelaku usaha spa dan pijat, yang kini berkembang di kota itu.

Pemkot Batam melakukan sosialisasi Peraturan Wali Kota Batam nomor 23 tahun 2019 tentang Pengawasan dan Pembinaan Usaha Kepariwisataan, yang berisikan standarisasi usaha.

Ardi menyatakan, pengawasan dan pembinaan dilaksanakan untuk menghindari efek negatif dari pariwisata, serta mewujudkan pelaku usaha pariwisata yang berkualitas dan berstandar.

"Perwako ini mengatur banyak hal. Termasuk persyaratan dan kewajiban pelaku usaha pariwisata. Kewajiban yang diatur dalam Perwako ini antara lain tentang standarisasi usaha tadi," kata Ardi.

Sosialisasi dilakukan secara bertahap, karena terdapat 12 jenis kelompok usaha kepariwsataan yang berkembang di kota itu.

"Kemarin kami ke kelompok spa dan pijat. Sosialisasi ke kelompok yang lain akan menyusul," kata Adri.

Sebanyak 12 kelompok usaha kepariwisataan yang berkembang di Batam yaitu daya tarik wisata, jasa transportasi wisata, jasa pelayanan wisata, jasa makanan dan minuman, penyediaan akomodasi, penyelenggara kegiatan hiburan dan rekreasi. Kemudian penyelenggara MICE, jasa informasi pariwisata, jasa konsultasi pariwisata, jasa pramuwisata, wisata tirta, dan spa.
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar