Jenderal bintang dua TNI AD siap bantu Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan benahi PSSI

id PSSI, Mochamad Iriawan, Mayor Jenderal Cucu Sumantri,Antara Lampung,Lampung.Antaranews.com,Iwan Bule

Jenderal bintang dua TNI AD siap bantu Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan benahi PSSI

Bakal Calon Ketua PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan (tengah), Bakal Calon wakil Ketua Umum PSSI Mayor Jenderal Cucu Somantri (kiri), dan Ketua Tim Asistensi Mayor Jenderal Sonhadji (kanan) memberikan pandangan saat acara "ngobrol bareng bang Iwan Bule bareng wartawan olahraga"di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019) (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Perwira bintang dua TNI AD, Mayor Jenderal Cucu Sumantri menyatakan bahwa dirinya siap membantu Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan, akrab disapa Iwan Bule, untuk membenahi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Cucu secara resmi mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai wakil ketua umum PSSI. Iwan Bule sendiri sudah mengutarakan keinginan menjadi ketua umum PSSI sejak beberapa bulan lalu.

"Saya sudah menjalankan beberapa macam jabatan di TNI. Jelang akhir pengabdian saya di TNI, saya ingin mengabdikan diri saya ke sepak bola," ujar Cucu dalam pertemuan dengan pewarta di Jakarta, Rabu.

Pria yang kini menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Geografi Lemhannas itu menyebut, dirinya memutuskan untuk mendampingi Iwan karena merasa memiliki visi dan misi serupa terkait PSSI.

Mereka mau membawa organisasi sepak bola yang lahir 19 April 1930 itu ke arah lebih baik.

"Kami akan membenahi ini bersama-sama. Saya mendukung sepenuhnya visi serta misi Pak Iwan dalam kapasitas saya untuk memberikan bantuan," kata Pangdam I/Bukit Barisan periode 2017-2018 itu.

Terkait latar belakang sepak bolanya, Cucu mengaku pernah menjadi pembina klub PSDS Deli Serdang ketika masih bertugas di wilayah tersebut. Cucu pernah menjadi Dandim 0204/Deli Serdang pada tahun 2000.

Pada tahun 2006, Cucu yang kala itu menjabat Komandan Brigif 15/Kujang, yang bermarkas di Cimahi, Jawa Barat, juga terlibat dalam pembinaan wasit PSSI.

"Itu waktu Pak Nugraha Besoes masih menjadi Sekjen PSSI," tutur dia.

Terkait masuknya Cucu ke bursa calon wakil ketua umum PSSI, Iwan Bule mengaku sangat senang.

Iwan, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhannas, menyebut Cucu adalah temannya. Mereka berjanji akan memberikam segenap kemampuan jika terpilih menjadi Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI

"Saya ingin mengembalikan apa yang diberikan negara kepada saya, kepada Pak Cucu, kembali kepada negara melalui sepak bola," ujar Iwan.