Warga Indonesia berbusana daerah meriahkan HUT RI di Paris

id Paris

Banyak warga yang hadir dalam peringatan HUT RI di Paris mengenakan busana daerah, nasional, atau batik. Berbagai ragam dan warna kain Nusantara menambah nuansa kebhinekaan di Wisma Duta Paris. (Kbri)

London (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris menyelenggarakan upacara bendera untuk memperingati 74 tahun kemerdekaan Indonesia  di Wisma Duta, Paris, Sabtu dengan inspektur upacara Duta Besar Arrmanatha C. Nasir



Cuaca dingin disertai gerimis tidak menyurutkan semangat warga negara Indonesia di Paris mendatangi lapangan Wisma sejak pukul 08.00 waktu setempat guna mengikuti upacara tersebut, ujar Pensosbud KBRI Paris, Jane Runkat kepada Antara London, Minggu.



Sirine peringatan Detik-Detik Proklamasi berbunyi, tepat pukul 10 pagi dengan peserta upacara tampak penuh khidmat mengikuti jalannya upacara. Puncak upacara peringatan 74 tahun Republik Indonesia ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka KBRI Paris yang terdiri dari 15 pelajar Indonesia di Prancis, di bawah komando Danny Nirawan, mahasiswa S2 jurusan sinematografi dan audio visual di Paris Sorbonne.



Anggota Paskibraka termuda adalah Syahira Naifa, pelajar SMP Georges Seurat. Paskibraka ini dilatih selama 1,5 bulan sejak Juli oleh Kolonel Muhammad Yusrif Guntur, atase pertahanan KBRI Paris.



Upacara Bendera dilanjutkan dengan rangkaian acara Temu Warga, seperti prosesi tumpeng, penyerahan hadiah-hadiah lomba peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, lomba karaoke, dan ramah-tamah. Secara khusus, Panitia pun mengadakan pemilihan Busana Daerah dan Kostum Anak favorit.



Banyak warga yang hadir mengenakan pakaian daerah, nasional, atau batik. Berbagai ragam dan warna kain Nusantara semakin menambah nuansa kebhinekaan di Wisma Duta Paris. “Kita undang warga untuk memakai pakaian daerah. Hari ini ternyata banyak yang memakai, seperti dari Kalimantan, Batak, Jawa, Makassar, KBRI apresiasi sekali. Ini Bhinneka Tunggal Ika di Paris,” ujar Prof. Warsito, Ketua Panitia HUT RI Paris yang juga atase pendidikan dan kebudayaan KBRI Paris.



Upacara peringatan 74 tahun kemerdekaan RI dihadiri hampir 600 warga dan diaspora Indonesia, sejumlah tamu asing, serta segenap staf dan keluarga KBRI Paris. Acara tanggal 17 Agustus 2019 ini adalah puncak dari rangkaian acara peringatan HUT RI ke-74 di Paris. Sebelumnya pada tanggal 20 Juli 2019 telah diadakan lomba-lomba olahraga di gedung KBRI, disusul lomba-lomba tradisional Indonesia seperti balap karung, makan kerupuk, dan gobak sodor pada tanggal 3 Agustus di taman St. Quentin.



Pemberian hadiah dilakukan serentak di Wisma Duta. Panitia juga memberikan door prize berupa delapan unit sepeda.



Dubes Armanatha Nasir menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan perayaan HUT RI ke 74 di Paris yang berjalan lancar, "Terima kasih dan penghargaan kepada purnabakti yang hadir ikut upacara sejak pagi sampai seluruh rangkaian acara selesai, serta terima kasih kepada seluruh warga Indonesia dan tamu undangan yang hadir," katanya  (ZG)

Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar