Wapres Jusuf Kalla hadiri peringatan Hari Konstitusi

id Peringatan Hari Konstitusi,Wapres Jusuf Kalla, Zulkifli Hasan,MPR RI

Wapres Jusuf Kalla hadiri peringatan Hari Konstitusi

Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANTARA/Fransiska Ninditya/aa.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI di Nusantara IV Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Minggu.

Wapres tiba di Gedung Nusantara IV pukul 10.00 WIB bersama dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan sejumlah pimpinan MPR lain.
 

Dalam sambutannya, Zulkifli mengatakan bahwa konstitusi akan terus berkembang sesuai dengan tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pemahaman konstitusi yang ada harus sesuai dengan perubahan tersebut.

“Konstitusi adalah hukum yang mengatur negara, bukan hukum mengenai bagaimana negara mengatur. Negara perlu dibatasi kekuasaannya agar penyelenggaraannya tidak sewenang-wenang,” kata Zulkifli.

Hari Konstitusi ditetapkan setiap 18 Agustus sabagai peringatan terhadap lahirnya konstitusi Indonesia, UUD 1945, yang ditetapkan dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Peringatannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 18 Tahun 2008.

Pada peringatan tahun ini, MPR juga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema Evaluasi Pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945.