Kloter pertama jamaah haji Indonesia tiba di Tanah Air

id Jamaah haji,kloter haji,penerbangan haji

Kloter pertama jamaah haji Indonesia tiba di Tanah Air

Jamaah Haji Kloter Pertama tiba di Tanah Air (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Malam ini kloter pertama penerbangan Saudi Arabia SV 5606 jadwal pukul 22.15, tiba 410 penumpang

Tangerang (ANTARA) - Kloter pertama jamaah haji tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (17/8) pukul 22.15 WIB.

Kepala Seksi Angkutan Udara Otoritas Bandara Wilayah I Jeppi Irawan di Terminal Kedatangan 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu malam menuturkan terdapat 410 jamaah haji kloter pertama yang tiba diangkut oleh pesawat Saudi Arabia Airlies dengan nomor penerbangan SV 5606.

“Malam ini kloter pertama penerbangan Saudi Arabia SV 5606 jadwal pukul 22.15, tiba 410 penumpang,” kata Jeppi.

Dia mengatakan ini adalah tahun kedua pemeriksaan imigrasi dilakukan di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta setelah sebelumnya di Bandara Halim Perdanakusuma.

Kloter pertama tersebut merupakan jamah haji dari wilayah Jabodetabek.

Jeppi menyebutkan pihaknya menurunkan sejumlah personel, seperti inspektur keamanan penerbangan, inspektur angkutan udara, dan inspektur kelaikan pesawat udara.

Para jamaah haji kemudian diimbau untuk memeriksakan kesehatan melalui Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji apabila ada gejala demam dan flu dalam waktu dua minggu

Jamaah juga dicek dengan pengukur suhu tubuh otomatis sebagai informasi awal kondisi mereka saat kepulangan.

Petugas Kantor kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Imam Sjahbandi mengatakan virus yang diwaspadai adalah virus korona yang menyebabkan flu unta.

“Flu unta ini tidak seperti flu burung yang hanya menular dari hewan ke hewan, tapi bisa dari manusia ke manusia,” katanya.

Total jumlah jamaah haji reguler yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter).