Bendera Merah Putih berkibar di Balai Kota San Francisco Amerika Serikat

id HUT ke-74 Kemerdekaan RI, KJRI San Francisco, San Francisco, kemerdekaan

Upacara pengibaran bendera Merah Putih untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Balai Kota San Francisco, Amerika Serikat, Jumat (16/8/2019). (KJRI San Francisco)

Jakarta (ANTARA) - Bendera Merah Putih berkibar selama tiga hari di Balai Kota San Francisco, Amerika Serikat, sejak upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI dilaksanakan pada Jumat (16/8) pukul 11.00 waktu setempat.

Pengibaran bendera Merah Putih ini merupakan kolaborasi antara Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di San Francisco dan Kantor Wali Kota San Francisco untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih dipimpin oleh kepala protokol untuk kota dan kabupaten San Fransisco, Charlotte Schultz dan Konsul Jenderal RI di San Francisco Simon D.I Soekarno.

Pada kesematan itu perwakilan dari sejumlah negara sahabat yaitu Konsul Jenderal India, Konsul Jenderal Singapura, dan konsul dari Konsulat Jenderal Jepang serta perwakilan dari Global SF, Asia Society, Asian Art Museum, kebun binatang San Francisco, University of California Davis, turut hadir dalam acara ini.

Para staf KJRI San Francisco dan sebagian hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada upacara tersebut.

Pada acara ramah tamah perayaan hari kemerdekaan Indonesia, Charlotte Schultz menyampaikan bahwa San Francisco merupakan kota multikultur, dimana berbagai bangsa dari seluruh penjuru dunia hidup dan tinggal berdampingan.

"Keanekaragaman budaya inilah yang menjadikan San Francisco unik dibandingkan dengan kota lain di Amerika Serikat. Pengibaran bendera Indonesia pada hari kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu bentuk apresiasi atas keberadaan masyarakat Indonesia, yang cukup banyak, di kota San Francisco,” kata Charlotte  Schultz seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KJRI San Fracisco, Sabtu.

Lebih lanjut, Charlotte juga menyampaikan kekaguman atas kekayaan budaya, kain tradisional, serta kuliner Indonesia.

Charlotte mengatakan bahwa piagam Proklamasi berisikan semangat kerja sama kedua negara serta penetapan tanggal 17 Agustus 2019 sebagai Hari Persahabatan dan Warisan Rakyat Indonesia-Amerika (Indonesian-American Friendship and Heritage Day).

Konsul Jenderal RI di San Fracisco Simon D.I Soekarno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kota San Francisco yang turut memperingati HUT RI dengan pengibaran bendera di Balai Kota.

"Seremoni dan penghargaan ini telah dilakukan oleh pemerintah kota San Francisco sejak 1993," tutur Simon.

Konjen Simon juga menyampaikan bahwa 2019 menandai perayaan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat.

Indonesia mengharapkan komunitas Indonesia di San Francisco dapat berkolaborasi dengan Kantor Wali Kota San Francisco untuk meningkatkan kerja sama ekonomi serta hubungan antarmasyarakat yang akan mendorong promosi Indonesia di San Francisco Bay Area.
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar