Gubernur Kaltim Dukung Keputusan Pemindahan Ibu Kota

id pemindahan Ibu Kota

Gubernur Kaltim Dukung Keputusan Pemindahan Ibu Kota

Gubernur Kaltim Isran Noor (Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan akan mendukung sepenuhnya keputusan politik Pemerintah Pusat dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan.

Termasuk dikatakan Isran, bila Ibu Kota Negara tersebut ternyata dipindahkan bukan di Provinsi Kalimantan Timur.

"Jika Kaltim tidak dipilih tidak menjadi masalah. kita akan dukung terus, dan rakyat Kaltim tidak akan mempersoalkannya, kita dukung sepenuhnya atas keputusan politik tersebut," jelas Isran di Gedung DPRD Kaltim, Jumat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi serta DPRD Kaltim baru saja menyaksikan nonton bersama Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo di ruang sidang Utama DPRD Kaltim, usai melaksanakan rapat paripurna.

Sebelumnya, sempat beredar informasi bahwa Presiden Joko Widodo akan mengumumkan secara resmi lokasi pemindahan Ibu Kota Negara, dan Provinsi Kalimantan Timur menjadi kandidat terkuat.

Namun, dalam pidatonya Presiden Joko Widodo hanya mengumumkan tempat pemindahan Ibu Kota Negara ke Pulau Kalimantan tanpa ada spesifikasi Provinsi mana yang menjadi pilihan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor merespon positif dan mengaku tetap mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

"Pidato Presiden RI tadi sangat bagus, dalam penerapannya di lapangan masih ada beberapa hal yang perlu kita lakukan perbaikan. Pasti ada maksud yang baik dalam penyampaian itu." ucap Isran Noor.

Isran menepis bahwa pengumuman Ibu Kota tersebut ditunda, karena Presiden RI sudah memberikan pernyataan resmi, meski lokasinya masih dirahasiakan.

"Tapi nanti pada Selasa atau Rabu mendatang, akan ada rapat Menteri dan Bapppenas di Balikpapan," imbuh Isran.

Ia mengatakan kalau nantinya Kaltim terpilih menjadi Ibu Kota, maka sudah pasti Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan sepenuhnya, sesuai dengan arahan tim Bappenas.

"Kita harus ikut berpartisipasi mendukung kebijakan Pemerintah Pusat, tentunya segala sesuatunya harus kita mulai," jelasnya.