Wagub Lampung kukuhkan Paskibraka Provinsi Lampung tahun 2019

id wagub nunik, paskibraka, provinsi lampung, hut ri, upacara bendera

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim pada pengukuhan anggota Paskibraka Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Jumat (16/8/2019) (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik), mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Lampung Tahun 2019, di Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat.

Paskibraka ini nantinya akan bertindak sebagai petugas Upacara Peringatan HUT Ke-74 RI, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, pada Sabtu (17/8).

Pengukuhan dilakukan kepada 33 putra putri terbaik Lampung yang terdiri atas 16 peserta putri dan 17 peserta putra serta dua komandan Paskibraka pada pengibaran dan penurunan bendera.

Prosesi pengukuhan, diawali pengucapan ikrar pengukuhan oleh seluruh anggota Paskibraka.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, saya ucapkan selamat kepada adik-adik Paskibraka yang mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas yang membanggakan ini," ujar Wagub Nunik.

Usai ikrar, sebagai tanda pengukuhan, Wagub Nunik selaku Pembina Upacara Pengukuhan, melakukan pemasangan kendit dan penyematan lencana kepada pemimpin upacara.

Bertindak selaku Pemimpin Upacara, Ananda Selvia Hestiana, asal Kabupaten Lampung Barat.

Selanjutnya, Wagub Nunik melakukan penyerahan pedang kepada Komandan Paskibraka pada pengibaran dan penurunan Bendera yakni Letda Inf. Yudi Yanda (Korem 043 Gatam) dan Lettu Adm. Jantan Surya Adi (Lanud Pangeran M. Bun Yamin).

Nunik berharap melalui upacara pengukuhan anggota Paskibraka tingkat Provinsi Lampung dapat dijadikan momentum untuk bersama-sama menyatukan tekad dan komitmen dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Kalian tentunya merupakan putra-putri terbaik Lampung yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui," katanya.

Nunik menjelaskan bahwa Paskibraka merupakan salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada sisi lain, Paskibraka diharapkan menjadi calon pemimpin, mengingat Paskibraka terdiri dari pemuda/ pemudi berprestasi yang telah diseleksi dengan ketat.

"Ini sebagai bekal agar dapat melakukan tugas mulia mengibarkan bendera pusaka dengan sempurna dan dilandasi oleh rasa tanggung jawab, sebagai putra-putri bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawan, mencintai tanah air dan senantiasa menghormati bendera pusaka," ujarnya.

Menurut Nunik, bahwa Paskibraka ini dituntut untuk mencurahkan segala usaha dan tekad baik fisik maupun mental untuk keberhasilan tugas pengibaran bendera pusaka pada upacara memperingati detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019.

"Saya titipkan tugas-tugas kepada para panitia, para pembina dan para pelatih demi keberhasilan kita semua karena keberhasilan itu merupakan hasil kerjasama yang erat segenap panitia, pelatih, pembina ,dan kepada adik-adik selamat menjalankan tugas mudah-mudahan pelaksanaan esok akan berhasil dengan baik tanpa kekurangan suatu apapun," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar