Surya Paloh : Rencana Jokowi pindahkan ibu kota sangat berani

id Surya Paloh,Jokowi,Pemindahan ibu kota,Sidang MPR,RAPBN 2020,pidato kenegaraan,Presiden Joko Widodo,Tol Lampung,Antara Lampung,Lampung.Antaranews.com

Surya Paloh : Rencana Jokowi pindahkan ibu kota sangat berani

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan bahwa rencana Presiden Joko Widodo terkait pemindahan ibu kota dalam sidang tahunan 2019 MPR/DPR merupakan keputusan yang sangat berani.

“Saya pikir itu suatu kebijakan yang penuh dengan keberanian,” katanya saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat.

Menurut Surya Paloh, keputusan Jokowi dianggap sangat berani karena diambil setelah selama 74 tahun Indonesia merdeka. Dulu pernah ada wacana serupa yang dimunculkan oleh Presiden Soekarno yaitu ibu kota berencana dipindah ke Kaliamantan Tengah, namun hal tersebut tidak diketahui kelanjutannya.

“Lalu kali ini Presiden Jokowi menyatakan dia siap untuk melaksanakan program perencanaan pemindahan ibu kota kita dari Jakarta ke wilayah Kalimantan,” ujarnya.

,Di sisi lain, Surya Paloh juga memberi saran kepada Presiden Jokowi tentang tantangan yang akan dihadapi sehingga harus direncanakan dan dikaji secara mendalam termasuk soal anggaran.

“Faktor sosial budaya juga harus diperhatikan. Bagaimana kita bisa meyakinkan masyarakat daerah baru untuk siap menerima perubahan sebagai daerah ibu kota yang baru,” katanya.

Selain itu, Surya Paloh juga memuji pidato yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo karena berisi substansi penting baik dari sisi konten maupun ekspresi. Selain itu pidato Jokowi dinilai mampu membangun rasa optimisme lebih besar terhadap suatu progres perencanaan Indonesia ke depan.

“Saya pikir ini pidato kenegaraan terbaik yang bisa kita dengar langsung dari Presiden Jokowi semenjak beliau menjadi Presiden,” kata Surya Paloh.
Baca juga: Presiden : Sumber dana pemindahan ibukota dari kolaborasi swasta-BUMN
Baca juga: Jokowi meminta izin rakyat Indonesia untuk pindah ibu kota
Baca juga: DPD dukung pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan
 Baca juga: Sandiaga minta pemerintah berhati-hati terkait pemindahan ibu kota
Baca juga: Fadli Zon: Perlu kajian serius terkait pemindahan ibu kota

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar