Kapolda Sumsel ajak masyarakat berantas aksi kejahatan

id aksi kejahatan, berantas ksi kejahatan, empat aksi kejahatan, polda susmel, ajak masyarakat berantas aksi kejahatan,anta

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli ketika merilis hasil operasi pemberantasan kejahatan konvensional di Palembang, Rabu (14/8). (Foto ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli mengajak masyarakat bersama-sama memberantas empat aksi kejahatan yang berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat dan merugikan negara.

"Empat kejahatan yang perlu diberantas bersama-sama yakni kejahatan konvensional, transnasional, korupsi, dan kejahatan konvergensi/penggabungan aksi kejahatan," kata Irjen Pol Firli ketika merilis hasil operasi pemberantasan kejahatan konvensional di Palembang, Rabu.

Keempat aksi kejahatan yang menjadi target pemberantasan yakni kejahatan konvensional seperti pembunuhan, perampokan, pencurian dengan kekerasan dan pemberatan, serta pencurian kendaraan bermotor.

Kemudian kejahatan trans nasional seperti peredaran gelap narkoba serta kejahatan terorganisasi lainnya seperti pencucian uang; penyelundupan manusia; kejahatan siber; dan perdagangan manusia, senjata, hewan terancam punah, serta perdagangan organ tubuh.

Memberantas kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian negara seperti tindak pidana korupsi, dan kejahatan konvergensi seperti penggabungan kejahatan konvensional dan menggunakan perkembangan teknologi, katanya.

Partisipasi masyarakat dalam menjaga kondisi kamtibmas di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu tetap kondusif dan mencegah aksi kejahatan cukup besar namun perlu ditingkatkan lagi.

"Personel Polda jumlahnya terbatas dan tidak mungkin bisa selalu berada di tengah-tengah masyarakat, dengan kondisi terbatas tersebut partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta memberantas berbagai tindak kejahatan," ujarnya.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menjaga kamtibmas tetap kondusif dan memberantas berbagai aksi kejahatan, pihaknya rutin menggelar pertemuan dengan masyarakat dan instansi terkait.

Melalui pertemuan itu, bisa diperoleh masukan dari masyarakat dan berbagai pihak serta bisa bersama-sama memecahkan permasalahan gangguan kamtibmas yang meresahkan masyarakat dan tindak kejahatan yang dapat menimbulkan kerugian negara, ujar Kapolda.
Pewarta :
Editor: Muklasin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar