Kristalina Georgieva didukung Luhut jadi Direktur Pelaksana IMF

id IMF, direktur pelaksana imf, luhut pandjaitan, kristalina georgieva

Kristalina Georgieva didukung Luhut jadi Direktur Pelaksana IMF

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva (kanan) saat memberikan keterangan pers di Perumnas Boloroa di Palu, Jumat. (Foto Antara/ M Arief Iskandar)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pencalonan Kristalina Georgiva menggantikan Christine Lagarde sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Dukungan tersebut diberikan karena menurut Luhut, Kristalina yang kini menjabat sebagai CEO Bank Dunia, memiliki pribadi yang menarik dan pekerja keras.

"Sepanjang yang saya kenal Kristalina khususnya dalam rangka pertemuan IMF-World Bank Group kemarin itu, dia merupakan seorang pribadi yang sangat menarik pekerja keras dan memberikan dukungan kepada negara-negara berkembang khususnya," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Luhut menambahkan, latar berlakang Kristalina yang berasal dari negara berkembang, yakni Bulgaria, dinilai akan banyak membantu negara-negara berkembang lainnya dan lebih memahami negara-negara berkembang.

Kristalina pun, lanjut Luhut, kini telah mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Brazil, Meksiko, Saudi Arabia dan hampir semua negara-negara di Afrika.



"Menurut pendapat saya karena sangat sering kami saling berhubungan dalam rangka IMF-World Bank kemarin, dia adalah seseorang yang paling pas untuk menjadi Managing Director IMF," tambahnya.

Kristalina Georgieva telah menjabat sebagai CEO World Bank sejak Januari 2017. Saat ini dia telah dinominasikan sebagai kandidat Direktur Pelaksana IMF dan sehingga dia cuti dalam rangka penominasiannya.



 
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar