Komunitas Pelangi Lampung akan terbangkan layang-layang berekor HUT RI

id Komunitas pelangi,Layang-layang,Sambut HUT RI

Komunitas Pelangi Lampung akan terbangkan layang-layang berekor HUT RI

Ketua Pelangi Lampung Gino Vanolli sedang menerbangkan layang-layang modern, Selasa (13/8/2019). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Komunitas Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Lampung akan menerbangkan layang-layang dengan ekor sepanjang sembilan meter bertuliskan HUT Ke-74 RI.

"Komunitas kami akan menerbangkan banyak layang-layang di Lapangan Way Hui Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dan terkhusus adalah layang-layang rokaku yang berekor HUT ke-74 RI," kata Ketua Komunitas Pelangi Lampung Gino Vanolli di Lampung Selatan, Selasa.

Dia menerangkan bahwa layang-layang rokaku yang akan dipasangkan ekor bertuliskan HUT RI, yakni layang-layang bermodelkan dari Belanda. Pada tanggal 17 Agustus 2019 akan ada 20 hingga 30 orang pemain layang-layang yang akan berpartisipasi untuk meramaikan acara tersebut.

Nantinya, lanjut dia, tidak hanya layang-layang berjenis modern dari Komunitas Pelangi yang ikut berpartisipasi, tapi juga layang-layang tradisional milik masyarakat.

"Ini juga salah satu cara kami untuk menumbuhkan rasa cinta anak bangsa kepada negaranya, maka kami juga akan ajak masyarakat bermain bersama," kata dia.

Menurut dia, layang-layang memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia sehingga permainan rakyat ini perlu diberikan ruang tersendiri oleh pemda setempat agar tetap eksis. Kemudian, masyarakat lebih bisa memainkan permainan tradisional serta tidak tergerus game-game modern.

"HUT RI ini juga menjadi sebuah momentum kebangkitan komunitas yang telah lama vakum dalam kegiatan ini," kata dia.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar