Itera terima 3.660 mahasiswa baru

id mahasiswa baru itera, mahasiswa itera,itera lampung,ofyar z tamin

Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin mengukuhkan mahasiswa baru di Kampus Itera, Lampung Selatan, Senin (12/9/2019). (ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA) -
Sebanyak 3.660 mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (Itera) telah dikukuhkan oleh Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc Ph.D dalam Rapat Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Itera tahun 2019 yang diadakan di pelataran Gedung Kuliah Umum Kampus Itera, Lampung Selatan, Senin (12/8/2019).

Mahasiswa baru Itera itu merupakan putra dan putri daerah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, jika dikelompokkan berdasarkan regional pulau asal, mahasiswa baru Itera yang berasal dari Pulau Sumatera berjumlah 2.678 (73,17 persen) dan dari luar Pulau Sumatera berjumlah 982 (26,83 persen).

Adapun 5 provinsi dengan jumlah mahasiswa baru Itera terbanyak adalah Provinsi Lampung 1.632 (44,59 persen), Sumatera Utara 508 (13,88 persen), Jawa Barat 444 (12,13 persen), DKI Jakarta 307 (8,39 persen), dan Sumatera Selatan 246 (6,72 persen).

Pengukuhan mahasiswa baru Itera ditandai dengan ucap janji mahasiswa Itera oleh seluruh mahasiswa baru, dilanjutkan dengan secara simbolis pemakaian jas almamater Itera kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Rektor Itera, dan penyerahan kartu tanda mahasiswa.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera, Irfanianta Arif Setyawan SFarm MSc Apt menyampaikan, total sebanyak 3.660 mahasiswa baru Itera diterima lewat tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 1.429 mahasiswa (39 persen), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 1.971 mahasiswa (54 persen), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 232 mahasiswa (6 persen), dan Jalur Prestasi Khusus 28 mahasiswa (1 persen).
 
Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Itera mengusung misi menjadi center of excellence atau pusat keunggulan di Pulau Sumatera. Untuk itu Itera terus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terbaik yang nantinya dapat menjawab kebutuhan SDM seluruh daerah di Pulau Sumatera.  

“Kami berkomitmen menyiapkan SDM dan sistem perkuliahan yang baik dengan dibina langsung oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Itera harus menjadi center of excellence meski tidak mudah, kami akan melengkapi segala yang dibutuhkan, dan bersama-sama membesarkan Pulau Sumatera karena Itera for Sumatera,” ujar Rektor. 

Selain itu, menurut Rektor dalam proses pendidikan, Itera mengedepankan konsep hilirisasi atau pengembangan segala potensi yang ada di Sumatera.

Saat ini 31 program studi di Itera telah memiliki kurikulum baru yang mengutamakan konsep tersebut, dengan mengacu pada perkembangan teknologi era Revolusi Industri 4.0.

Rektor Itera menambahkan, mahasiswa baru Itera tidak hanya dibekali kemampuan secara akademik, dengan kurikulum khas Itera for Sumatera, akan tetapi juga akan mendapatkan pembangunan karakter melalui berbagai program, seperti program asrama bagi mahasiswa baru, dan program pengembangan minat dan bakat melalui unit kegiatan mahasiswa.

"Melalui program pembangunan karakter mahasiswa Itera disiapkan menjadi para pemimpin-pemimpin global, dengan tetap mengacu pada kebutuhan Revolusi Industri 4.0," ujar Rektor.

Gubernur Lampung yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Ir Taufik Hidayat MM MEP menyampaikan ungkapan terima kasih karena Itera telah berkontribusi membangun Provinsi Lampung melalui bidang pendidikan tinggi.

Selain itu, Gubernur menilai ITERA saat ini menjadi magnet baru di Provinsi Lampung dalam bidang pendidikan.

"Tidak dipungkiri Itera saat ini menjadi magnet baru di Provinsi Lampung yang menarik minat mahasiswa dari berbagai provinsi di Tanah Air, terlihat dari jumlah mahasiswa baru Itera yang terus meningkat, dan hal ini patut untuk di apresiasi oleh semua pihak," ujar Taufik Hidayat.

Dalam Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Itera tahun 2019 juga diisi penyampaian orasi ilmiah Dosen Prodi Teknik Material Itera Dr Muhammad Fatikul Arif ST MSc dengan judul Teknologi Printer 3D dalam Mendukung Industri 4.0 untuk Kemajuan Sumatera.

Disampaikan pula pemberian Penghargaan Ofyar Z Tamin Award (OZTa) 4.0 untuk mahasiswa peraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 4.0, serta penghargaan untuk mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa dan himpunan mahasiswa berprestasi 2019.

Usai dikukuhkan oleh Rektor, seluruh mahasiswa baru Itera akan mengikuti Program Pengenalan Lingkungan Kampus Itera hingga 16 Agustus 2019 dilanjutkan masa perwalian mahasiswa baru 19-23 Agustus 2019, dan akan memasuki perkuliahan perdana semester ganjil TA 2018/2019 pada tanggal 26 Agustus 2019.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar