Tim gabungan akan diturunkan saat pemotongan hewan kurban

id Pemkot Bandarlapung,Hewan Qurban

Tim gabungan akan diturunkan saat pemotongan hewan kurban

Dinas Pertaninan Bandarlampung saat sedangemeriksa kesehatan Hewan Qurban di Jalan Untung Suropati, Sabtu (10/8/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Besok di 20 kecamatan tim akan diturunkan untuk melihat proses penyembelihan hingga mengecek daging hewan tersebut
Bandarlampung (ANTARA) - Kasi kesehatan hewan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kota Bandarlampung M. Rifki mengatakan, akan ada tim gabungan yang diturunkan untuk memeriksa pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah.

"Besok di 20 kecamatan tim akan diturunkan untuk melihat proses penyembelihan hingga mengecek daging hewan tersebut," kata Rifki, saat dihubungi, di Bandarlampung, Sabtu.

Dia menyebutkan, tim gabungan yang akan bertugas besok terdiri dari pihak Dinas Pertanian Pemkot Bandarlampung dan Pemprov Lampung Dokter Hewan dan PDHI.

"Kita dan pemprov masing-masing akan menurunkan dua orang di setiap wilayah, dokter hewan satu dan PDHI 4 orang," kata dia.

Dia mengatakan tim gabungan ini diturunkan untuk memastikan daging hewan-hewan qurban ini cukup layak untuk dikonsumsi masyarakat, yang mana nantinya tim akan memeriksa hingga organ-organ penting dalam hewan itu.

Dia juga memastikan bahwa kebutuhan hewan kurban di Kota Bandarlampung untuk Idul Adha 2019 sudah tercukupi, yakni sebanyak   2.000 ekor sapi dan kambing mencapai 3.000 ekor.

"Jumlah tersebut didapatkan dari seluruh lapak-lapak yang ada di Bandarlampung, memang ada kenaikan permintaan tapi jumlah itu saya yakin sudah dapat memenuhi kebutuhan kita," kata dia.

Dia menyebutkan, daerah pemasok hewan qurban untuk Bandarlampung yang terbanyak yakni dari Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Selatan Provinsi Lampung." Pada catatan kita ada juga beberapa lapak yang mengambil dari Tanggamus dan Metro," katanya.




 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar