Masjid di Bandarlampung persiapan hadapi Hari Raya Idul Adha

id masjid bandarlampung, persiapan solat id, hewan kurban, lapangan kalpataru

Masjid di Bandarlampung  persiapan hadapi Hari Raya Idul Adha

Masjid Jami Asy-Syuhada Bandarlampung. (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah masjid di Bandarlampung melakukan persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah seperti pemasangan tenda dan menyiapkan alas shalat.

Berdasarkan pantauan di Masjid Jami Asy-Syuhada, Durian Payung, Bandarlampung, Sabtu, menunjukkan bahwa panitia telah memasang tenda di depan masjid untuk menampung jamaah yang biasanya tidak akan tertampung di dalam masjid.  Panitia juga tengah membersihkan ambal atau sajadah serta keperluan lainnya untuk pelaksanaan ibadah esok hari.

Zamah Syarief salah seorang pengurus Masjid Jami Asy-Syuhada mengatakan pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan ibadah Salat Idul Adha, termasuk sarana pemotongan hewan kurban.

"Kami telah membentuk panitia kegiatan Hari Raya Idul Adha termasuk siapa yang bertugas sebagai imam dan khatib," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihak masjid juga telah membentuk panitia kurban dan telah memberikan kupon yang akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu atau sekitar masjid.

"Alhamdulillah hingga sekarang telah terkumpul hewan kurban berupa satu ekor sapi dan beberapa ekor kambing," tambahnya.

Sementara Masjid La Tansa Kemiling, Bandarlampung juga telah berdiri tenda di halaman masjid juga telah berdiri dan sejumlah sarana pemotongan hewan kurban. Hingga saat ini masjid itu telah menerima hewan kurban dari masyarakat berupa dua ekor sapi dan beberapa ekor kambing.

Persiapan pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha juga dilakukan oleh Panitia Hari Besar Agama Islam (PHBI) Kecamatan Kemiling dengan menggunakan Lapangan Kalpataru sebagai tempat ibadah Salat Id.  Umbul-umbul serta tenda untuk khotbah Salat Id juga telah terpasang di lapangan tersebut.