Warga Lampung Timur tak punya BPJS tetap dapat layanan pengobatan gratis

id Lampung Timur, Layanan Pengobatan Gratis

Bupati Lampung Timur Zaiful Bukhori. (Antaralampung/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur segera meluncurkan layanan pengobatan gratis buat masyarakatnya. Dalam program ini, warga yang tidak punya kartu BPJS Kesehatan bakal bisa mendapat layanan pengobatan gratis.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur Nur Syamsu, di Lampung Timur, Kamis, menjelaskan program layanan kesehatan gratis tersebut berlaku pada fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas. 

Nur Syamsu mengatakan, program kesehatan tersebut mencakup semua warga Lampung Timur yang tidak memiliki kartu BPJS Kesehatan. 

Selama ini, layanan pengobatan gratis hanya buat peserta BPJS, baik peserta BPJS Kesehatan Mandiri maupun BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Syarat mendapat layanan pengobatan gratis ini harus warga Lampung Timur dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga atau KK.

"Yang tidak punya BPJS Mandiri dan PBI akan dapat pengobatan gratis di puskemas, layanan kesehatan gratis itu seperti rawat inap, rawat jalan, tindakan ringan seperti jahit luka ringan dan periksa gigi sedang direncanakan dapat pelayanan pengobatan gratis," katanya.

Pelayanan pengobatan gratis ini mulai berlaku September 2019 menunggu APBD perubahan disahkan bulan ini. 

Kendati begitu, masyarakat nantinya tetap dianjurkan agar menjadi peserta BPJS Kesehatan. "Agar masyarakat sadar kalau perlu BPJS. Kalau KTP dan KK kan layanan pengobatan gratisnya hanya berlaku di Lampung Timur. Kalau punya BPJS bisa dipakai di luar daerah Lampung Timur," katanya lagi.

Nur Syamsu menyatakan program tersebut telah disosialisasikan ke puskemas-puskesmas.

Selain itu, masyarakat yang membutuhkan ambulans juga bakal dilayani. Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan mengadakan ambulans di sejumlah kecamatan. 

"Bagi yang memerlukan nanti juga bisa pakai ambulans, ini juga gratis, pasien tidak dipungut biaya," katanya lagi.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyatakan akan membuat program prorakyat untuk masyarakatnya.

Program prorakyat yang dimaksud Zaiful yakni jaminan kesehatan pengobatan gratis, membuatkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran Anak.

Berikutnya perbaikan infrastruktur jalan, jalan penghubung antarkecamatan.

Program itu akan segera direalisasikan tahun ini setelah APBD Perubahan Tahun 2019 disahkan dewan, dan program tersebut kembali berlanjut pada tahun 2020.
 
Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar