170 warga miskin di Bireun terima bantuan UEP

id Dinsos Aceh,Bimbing 170,Warga miskin,Bireuen Aceh,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh

170 warga miskin di Bireun terima bantuan  UEP

Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Aceh, Cut Aja Muzita sedang membimbing 170 warga miskin di Aula Dinsos Bireuen, Rabu (7/8/2019). (Foto: Dinsos Aceh)

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Aceh memberikan bimbingan terhadap 170 orang warga miskin dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bireuen, Aceh, dan tercatat bakal menerima bantuan program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari pemerintah provinsi.

"Ini (bimbingan) kami berikan, sebelum penyerahan bantuan UEP ke-170 warga miskin di Bireuen. Bantuan ini dalam rangka pemberdayaan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat Aceh," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Aceh, Cut Aja Muzita melalui telepon seluler dari Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan ke-170 warga miskin tersebut bakal menerima bantuan di antaranya berupa kios untuk berdagang sebanyak 50 orang, lalu pembuatan penganan 45 orang, palawija 30 orang, menjahit 25 orang, dan bantuan usaha kuliner 20 orang.

Sedangkan dalam beberapa hari ke depan, kata dia, Pemerintah Aceh akan menyerahkan bantuan 136 unit rumah bagi warga yang selama ini menempati Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Bireuen.

Pihaknya mengharapkan dengan berbagai bantuan itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sehingga penerima manfaat bantuan UEP ini dapat keluar dari garis kemiskinan, dan bukan malah memperjualbelikan bantuan setelah diterima.

"Berbagai bantuan berbentuk barang yang nanti bakal kami serahkan, jangan diperjualbelikan. Karena selama ini, pernah ditemukan ada masyarakat miskin yang menjual bantuan," katanya.

Ia mengatakan dewasa ini sangat lazim ditemukan warga miskin penerima manfaat menjual bantuan dari pemerintah dengan berbagai alasan ke pihak lain atau bahkan, tidak memakai bantuan yang diberikan sama sekali.

"Bagi siapapun penerima manfaat bantuan dari pemerintah yang memperjualbelikan, maka mereka tidak akan mendapatkan bantuan lagi karena namanya akan dicoret dari daftar penerima bantuan," kata Cut Aja.

Sekretaris Dinas Sosial Bireuen, Ramli Daud yang menghadiri bimbingan di Aula Kantor Dinas Sosial Biruen menambahkan bantuan UEP yang diberikan oleh Pemerintah Aceh bagi warga miskin agar bisa dipergunakan sebaik-baiknya.

"Terimakasih kami sampaikan atas bantuan UEP ini kepada masyarakat Bireuen, semoga dapat meningkat kesejahteraan bapak-bapak dan ibu-ibu sebagai penerima manfaat," katanya.