Pemkab Muarojambi minta suplai masker seiring datangnya bencana kabut asap

id masker,kabut asap

Pemkab Muarojambi minta suplai masker seiring datangnya bencana kabut asap

Seorang warga mengenakan masker medis di tengah asap kebakaran hutan dan lahan di Kota Pekanbaru, Senin (5/8/2019). Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah seminggu terakhir menyelimuti Pekanbaru, membuat kualitas udara turun dari status sehat menjadi sedang, akibat karhutla di Riau yang terus meluas. ANTARA FOTO/FB Anggoro/19. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

KamiĀ akan koordinasi dahulu dengan pihak BPBD untuk daerah mana saja yang benar-benar membutuhkan masker
Jambi (ANTARA) - Pemerintah kabupaten Muarojambi  meminta suplai masker ke Dinas Kesehatan Provinsi Jambi seiring dengan datangnya bencana kabut asap.

"Walaupun bencana kabut asap belum tergolong parah kondisinya, di Provinsi Jambi namun salah Kabupaten Muarojambi telah meminta suplai masker dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi untuk masyarakatnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Syamsiran di Jambi, Senin.

"Kami akan koordinasi dahulu dengan pihak BPBD untuk daerah mana saja yang benar-benar membutuhkan masker," kata Syamsiran.

Namun tidak menutup kemungkinan ada di beberapa daerah di Provinsi Jambi yang sudah meningkat warga yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan untuk kategori udara sehat saat ini sedikit menurun, katanya.

Sementara itu, di tempat terpisah Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi M Dianto mengatakan dirinya menerima pesan Whats App (WA) dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas adanya kiriman asap asal Indonesia yang sampai ke Malaysia.

"Saya mendapatkan WA langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menyampaikan bahwa Pemerintah Malaysia hari ini, di beberapa wilayah di Malaysia sudah terdampak asap dari Indonesia," katanya.

Menurut dia, daerah di Malaysia yang mendapatkan kiriman asap tersebut, antara lain Kuala Lumpur, Trengganu, Johor. "Artinya kalau asap itu sudah nyebrang ke negara tetangga, itu adalah asap yang kemungkinan berasal dari Provinsi yang ada di Sumatera."

Untuk mengantisipasi meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan yang terjadi di Sumatra khususnya di Provinsi Jambi, saat ini pemprov telah menerima bantuan dua unit Helikopter dari BNPB Pusat untuk membantu proses pemadaman api.

Selain itu, Sekda juga mengatakan bahwa Mentri LHK RI meminta atensi dari Gubernur Jambi akan langkah-langkah yang sudah diperbuat atas meluasnya kepulan asap hingga ke negeri tetangga.