XL Axiata menggelar edukasi pemanfaatan sarana digital

id XL Axiata,arisan ilmu, blogger ibu-ibu Lampung, pengguna internet

XL Axiata menggelar edukasi pemanfaatan sarana digital

XL Axiata menggelar edukasi pemanfaatan sarana digital bertajuk "Arisan Ilmu" di Bandarlampung, Sabtu (3/8/2019) (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Guna memaksimalkan kemampuan pemanfaatan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari perempuan Indonesia, khususnya ibu-ibu, XL Axiata menggelar edukasi pemanfaatan sarana digital bertajuk "Arisan Ilmu" di Bandarlampung, Sabtu.

Edukasi pemanfaatan sarana digital ini merupakan program Sisternet PT XL Axiata Tbk bekerjasama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai pembicara Founder Kumpulan Emak Blogger - Penggiat Literasi Digital Mira Sahid dan Founder Tapis Blogger Naqiyyah Syam.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, Arisan Ilmu ini berupa sharing keterampilan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai keperluan yang produktif dan positif dengan narasumber para praktisi berbagai bidang yang telah tergabung dalam KEB.

"Kami berharap masyarakat, khususnya teman-teman perempuan Indonesia di Lampung bisa memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini," jelas dia.

Ia menambahkan, kali ini Sisternet membahas mengenai pengembangan hobi menjadi profesi dimana peserta mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan potensi ekonomi seseorang, termasuk dari hobi atau kegemaran, menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi dan sosial.

Sejak diperkenalkan pada tahun 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalahan sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan Indonesia.

"Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju," jelas dia.

Tahun 2019, Arisan Ilmu Sisternet digelar di enam kota di Indonesia yakni Jakarta, Yogyakarta, Solo, Lampung, Bandung dan Makassar dengan topik bahasan yang berbeda-beda.

XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para ibu di Indonesia yang dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti program Sisternet dapat mendaftar melalui https://www.sisternet.co.id/page/event.

Sebagai informasi, berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 jiwa atau 64,8 persen dari total populasi.

Angka tersebut diperkirakan masih akan mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat masivnya pertumbuhan teknologi saat ini.

Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang.

Sementara itu, dari data yang sama, tercatat bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2 persen.

Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini dalam kehidupan sehari-hari.