Museum Nabi Muhammad akan berdiri di Indonesia

id Museum Nabi Muhammad Indonesia,Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi,Syafruddin,Museum Assalamu 'Ala

Museum Nabi Muhammad akan berdiri di Indonesia

Pimpinan Yayasan Museum Assalamu 'Alayka Ayyuha An-Nabi Mekkah, Abdullah Nassir Al Qarni (kanan) memberikan cinderamata kepada Wakil Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, Syafruddin (tengah) didampingi oleh penerjemah Annizar Masyhadi (kiri) di Jakarta, Kamis (1/8/2019). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Ada Shafa, Marwah, dan sebagainya. Kalau luas lokasinya memungkinkan, miniatur ini bukan hanya dibangun di dalam ruangan tapi juga di luar ruangan, sehingga seakan-akan pengunjung berkeliling sambil menikmati suasana di zaman Rasulullah SAW, ujar Nas
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Yayasan Museum Salam Bagimu Wahai Baginda Nabi (Assalamu 'Alayka Ayyuha An-Nabi Endowment), Abdullah Nassir Al Qarni mengatakan, proyeksi dari Museum Nabi Muhammad SAW di Indonesia akan dibangun dalam bentuk hologram dan miniatur tiga dimensi (3D).

"Semua akan ada, mulai dari tiga dimensi, hologram dan sebagainya. Sekarang sudah ada di Dubai, Uni Emirat Arab," ujar Nassir seperti yang diterjemahkan oleh penerjemah Annizar Masyhadi di Jakarta, Kamis.

Senada dengan Nassir, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengonfirmasi kalau dirinya sudah pernah mengunjungi Museum Nabi Muhammad SAW di Mekkah.

Selaku Wakil Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, ia mengatakan, di dalam museum itu akan ditampilkan semua yang pernah tertulis dalam sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW seperti tempat lahirnya Nabi, Gua Hira, mukjizatnya, dan lain-lain.

Selain itu, Nassir menambahkan, di dalam Museum itu juga akan ditampilkan lengkap miniatur Mekkah dan Madinah secara detil.

"Ada Shafa, Marwah, dan sebagainya. Kalau luas lokasinya memungkinkan, miniatur ini bukan hanya dibangun di dalam ruangan tapi juga di luar ruangan, sehingga seakan-akan pengunjung berkeliling sambil menikmati suasana di zaman Rasulullah SAW," ujar Nassir.

Sebelumnya seperti yang diberitakan Antara, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana pembangunan museum yang telah mendapat dukungan dari Raja Salman dan Putera Mahkota Arab itu.

"Kita setuju karena itu penting sebagai umat Islam untuk melihat sejarah perjalanan hidup Rasulullah dan juga kita akan masukkan perjalanan Islam di Indonesia," kata Wapres.

Sebagai bentuk tindak lanjutnya, Pemerintah Indonesia akan menyiapkan lahan untuk pembangunan museum tersebut. Rencananya, museum tersebut akan dibangun di komplek Universitas Islam Indonesia Internasional (UIII) yang sedang dibangun.

"Kita akan menyiapkan lahannya supaya juga menjadi bagian dari dakwah, ya sementara ini kita lagi mencari lahan yang cocok," kata JK yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.