Greta pegiat iklim berusia 16 tahun arungi Atlantik ke KTT PBB di AS

id Greta Thunberg,KTT Iklim,PBB,Samudera Atlantik

Greta pegiat  iklim berusia 16 tahun arungi Atlantik ke KTT PBB di AS

(ki-ka) Sekjen PBB Antonio Guterres, aktivis iklim Swedia Greta Thunberg, Presiden Austia Alexander Van der Bellen dan mantan gubernur California Arnold Schwarzenegger berfoto bersama dalam R20 Austrian World Summit di Wina, Austria, Selasa (28/5/2019). (REUTERS/LISI NIESNER)

London (ANTARA) - Pegiat remaja asal Swedia Greta Thunberg akan berlayar dari Inggris ke KTT iklim PBB di New York.

Gadis berusia 16 tahun itu menginspirasi pegiat muda iklim lainnya di seluruh dunia, dengan memperingatkan soal bahaya tidak adanya tindakan dan pemanasan global.

"Saya ditawari untuk menggunakan perahu layar untuk balapan Malizia II," kata dia melalui unggahan di akun instagram. "Kami akan berlayar mengarungi Samudera Atlantik dari Inggris ke New York pada pertengahan Agustus."

"Ilmunya jelas. Kita harus mulai menekuk tajam kurva ke bawah emisi paling lambat 2020, jika kita masih memiliki peluang untuk tetap di bawah kenaikan suhu global 1,5 derajat," jelasnya.



Pentolan Tim Malizia sekaligus co-kapten untuk lintas transatlantik, Pierre Casiraghi, menuturkan dirinya yakin aksi ini dapat menambah kesadaran tentang peningkatan emisi global dan polusi.

"Meyakinkan pemerintah dan lembaga internasional agar membuat langkah dan menegakkan hukum yang akan melindungi umat manusia dan keanekaragaman hayati merupakan hal yang paling penting bagi masa depan manusia," kata Casiraghi dalam satu pernyataan.



Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar