Berita pekan ini - Budi daya pisang dan festival kopi di Lampung

id budi daya pisang, festival kopi,Menko Perekonomian

Berita pekan ini - Budi daya pisang dan festival kopi di Lampung

Menko Perekonomian Darmin Nasution (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Menko Perekonomian Darmin Nasution melakukan kunjungan kerja Provinsi ke Lampung, untuk mengunjungi PT GGP Humas Jaya di Kabupaten Lampung Tengah.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Nunik menjemput kedatangan Menko Perekonomian Darmin Nasution di Bandara Internasional Radin Intan II, Branti, Lampung Selatan.

Ketika menjemput kedatangan Menko Perekonomian RI, Chusnunia Nunik didampingi Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Achmad Krisna Putra, dan Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Edi Yanto. 

Baca juga: Menko Perekonomian kunjungi PT GGP Humas Jaya Lampung

Budidaya pisang Lampung berkualitas ekspor
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution mengatakan bahwa budi daya Pisang Mas Lampung berkualitas ekspor bisa dijadikan percontohan untuk dikembangkan di daerah lain.

"Saya ingin mendengar masukan dari petani yang membudidayakan Pisang Mas di Tanggamus. Dengan harapan kiat-kiat ini dapat ditularkan ke daerah luar Lampung," jelas Menko Perekonomian saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Great Giant Pineapple (GGP) Humas Jaya, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa petani Pisang Mas Lampung berhasil melakukan budi daya dengan hasil yang menguntungkan.

Menurutnya, dengan menyebarkan kiat-kiat petani Lampung dalam berbudi daya ke daerah lain, tentunya akan berdampak dalam upaya peningkatan ekspor Indonesia.

Menko Perekonomian juga mengakui dirinya melakukan kunjungan untuk mendengar masukan dari petani terkait budi daya kebun baik pisang, nanas, dan lainnya.

"Kelemahan negara kita yaitu eskpor kita kalah cepat dari impor. Dan saya tidak ingin hal ini berkepanjangan. Untuk itu, saya ingin mendengarkan kiat petani Lampung mulai dari benih, pemupukan, perawatan, hingga panen. Sehingga kiat-kiat tersebut dapat saya bagikan ke daerah lainnya untuk dapat meningkatkan perekonomian Indonesia," ungkap Darmin. 
Baca juga: Kata Menko Perekonomian Pisang Mas Lampung bisa dicontoh daerah lain


Festival Kopi Lampung

 
Pemerintah Provinsi Lampung akan menggelar Festival Kopi Lampung ( Lampung Coffee Festival) dengan menampilkan kopi robusta dengan mutu dan grade terbaik.

"Festival yang akan digelar pada September mendatang itu dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual kopi Lampung," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Lampung, Taufik Hidayat.
 
Ia juga berharap dalam rangkaian Lampung Coffee Festival akan diselenggarakan seminar ilmiah yang akan memutus mitos – mitos yang tidak benar mengenai bahaya konsumsi kopi.

Pihaknya akan mendatangkan pakar – pakar kesehatan dan kopi yang akan mengedukasi konsumen tentang manfaat kopi.

Dengan demikian, lanjutnya, dapat meningkatkan konsumsi kopi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

Kabid Industri Argo Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Maryani menyampaikan rangkaian Lampung Coffee Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran kopi, lomba barista, cup test, latte art, uji cita rasa kopi, lomba cerdas cermat petani kopi, seminar kopi, pemilihan duta kopi dan minum kopi serentak bersama.

"Kegiatan itu untuk mengakomodir pelaku industri kecil menengah (IKM), karena setelah pelaksanaan International Coffee Day tahun lalu memacu tumbuhnya berbagai kafe dan kedai kopi di Lampung," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Lampung bakal gelar Festival Kopi
 
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar