Gubernur Arinal berjanji berikan petani akses ke perbankan

id gubernur lampung, kartu petani berjaya, pemprov lampung, perbankan lampung

Gubernur Arinal berjanji berikan petani akses ke perbankan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat pertemuan dengan bankir di Lampung (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berjanji membuka akses para petani ke seluruh lembaga perbankan di Provinsi Lampung sebagai langkah konkret untuk mengimplementasikan program Kartu Petani Berjaya (KPB).

"KPB ini bertujuan agar petani mendapatkan kepastian terkait penyaluran pupuk, benih, dan bantuan kredit usaha pertanian lainnya," kata dia di Bandarlampung, Rabu.

Ia menyebutkan, selama ini petani merasakan penyaluran pupuk tidak tepat sasaran, dan lainnya.

Implementasi kartu ini, lanjut dia, diharapkan mampu menyejahterakan petani Lampung.

Menurut Arinal, KPB menjadi program pertama dan unggulan dari sembilan program utama yang digagasnya. Kartu ini diharapkan dapat difungsikan sebagai alokasi penyedia pupuk, asuransi, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan beasiswa bagi anak petani.

Oleh sebab itu, Gubernur Lampung mengajak kalangan perbankan  untuk meningkatkan perekonomian Lampung dan membangun Provinsi Lampung.

"Bapak (bankir, red) ditugaskan ke Lampung ini bukan hanya untuk karier. Tetapi untuk membangun Lampung bersama gubernur. Karena itu, saya meminta dukungan dalam menyalurkan perkreditan dengan baik kepada masyarakat Lampung," ujar Arinal.

Arinal menjelaskan Provinsi Lampung memiliki potensi di sektor pertanian dalam artian luas, seperti pertanian, perkebunan, kelautan perikanan, dan kehutanan.

"Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan Lampung merupakan penghasil singkong nomor satu dunia, jagung ketiga nasional, kopi nomor satu Indonesia, dan hasil pertanian lainnya. Kalau tidak duduk bersama, tata kelolanya tidak akan baik, sehingga tujuannya kurang tercapai," ujar Gubernur.

Dengan alasan itu, Gubernur Arinal mengajak semua perbankan di Lampung untuk bersinergi.

"Bapak-bapak semua di sini diperintahkan untuk membangun Lampung bersama gubernur," jelas Arinal.

Gubernur juga menilai sektor pertanian tak bisa lepas dari sektor lainnya. "Hal ini karena ketika berbicara petani, semua sektor akan terbawa," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung Budiharto Setyawan menjelaskan perbankan siap mendukung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam membangun daerah setempat.

"Kami perbankan di Lampung siap mendukung Pak Gubernur Arinal dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan provinsi ini," tambahnya.