Inggris: Aksi Iran menyita dua tanker dapat diterima

id Tanker Inggris,Selat Hormuz,Iran

Inggris: Aksi Iran menyita dua tanker dapat diterima

Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan Inggris menjaga kapal tanker Grace 1, yang dicurigai membawa minyak mentah Iran ke Suriah, ketika kapal itu berlabuh di perairan wilayah luar negeri Inggris di Gibraltar, Spanyol, (4/7/2019). ANTARA/REUTERS/HO-Kemenhan Inggris/aa (UK Ministry of Defence/Handout via REUTERS)

London (ANTARA) - Inggris mengatakan penyitaan tanker yang berbendera Inggris dan tanker berbendera Liberia di Selat Hormuz tidak dapat diterima dan menyeru kebebasan navigasi di kawasan Teluk.

"Kami sangat prihatin atas penyitaan dua tanker oleh otoritas Iran di Selat Hormuz," kata Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt.

"Saya akan segera menghadiri pertemuan (COBR) guna meninjau apa yang kami ketahui dan apa yang dapat kami lakukan untuk mengamankan pembebasan dua tanker tersebut - tanker berbendera Inggris dan tanker berbendera Liberia," kata dia.

"Penyitaan ini tidak dapat diterima. Sangat penting untuk mempertahankan kebebasan navigasi sehingga semua kapal dapat melintas dengan aman dan bebas di kawasan tersebut," ujar Hunt.

Hunt mengatakan duta besar Inggris di Teheran sedang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Iran guna menyelesaikan situasi tersebut. Pihaknya juga tengah bekerja sama dengan mitra internasional.


Baca juga: Jika tak berlayar ke Suriah, Inggris bakal bebaskan tanker Iran
Sumber: Reuters